1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Banyuwangi siapkan jaring pengaman UMKM dan warga miskin

Hal ini dilakukan untuk menghadapi tantangan ekonomi global dan nasional yang belum stabil.

Buapti Abdullah Azwar Anas. ©2016 Merdeka.com Editor : Farah Fuadona | Selasa, 30 Agustus 2016 14:34

Merdeka.com, Banyuwangi - Kabupaten Banyuwangi bersiap menyambut tantangan ekonomi yang bakal membayangi hingga akhir tahun ini dan tahun depan. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, perekonomian diprediksi masih dihadapkan pada banyak tantangan berat, diantaranya karena pertumbuhan ekonomi global dan nasional yang belum pulih serta terbatasnya kemampuan fiskal negara yang pasti berimbas ke daerah.

Bank Dunia telah memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global menjadi hanya 2,4 persen pada 2016. Tahun depan juga diramalkan belum terlalu ekspansif dengan prediksi IMF terhadap pertumbuhan global hanya 3,4 persen. Pertumbuhan global yang belum pulih otomatis juga mempengaruhi pertumbuhan nasional.

Pada sisi yang lain, menurut Anas, kita juga dihadapkan pada kemampuan fiskal yang relatif terbatas yang berdampak pada besaran dana di APBD. "Oleh karena itu, kami mendukung sepenuhnya program tax amnesty agar kapasitas fiskal kita semakin menguat. Pemda mendukung penuh kebijakan pemerintah pusat," tegas Anas.

Menghadapi tantangan yang tak mudah itu, Anas mengatakan, Pemkab Banyuwangi mendorong dua langkah utama. Pertama, menyelamatkan dan mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Salah satu diantaranya adalah dengan membereskan masalah pembiayaan. Selama ini bunga kredit perbankan belum kompetitif bagi UMKM. Di luar skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) ada bunga untuk pinjaman UMKM yang mencapai 18 persen per tahun.

Oleh karena itu, Pemkab Banyuwangi kini sedang menyiapkan pembentukan BUMD BPR Syariah yang diharapkan bisa beroperasi tahun depan. Skema yang dijalankan adalah bagi hasil. "Jika diekuivalenkan dengan bunga bank maka setara 5 persen. Ini sangat rendah dan akan kita bikin syarat yang sangat mudah dan fleksibel," ujar Anas.

Selain dari sisi pembiayaan, dorongan ke UMKM dilakukan dengan beragam fasilitasi, mulai dari pelatihan, sertifikasi halal, uji laboratorium bagi UMKM makanan hingga pemasaran melalui situs belanja online banyuwangi-mall.com.

Langkah kedua, adalah terus berupaya mewujudkan pertumbuhan inklusif, yaitu pertumbuhan yang dirasakan semua kelompok masyarakat. Pemkab Banyuwangi fokus ke sektor-sektor yang langsung berdampak ke masyarakat, seperti pertanian, pariwisata dan industri kreatif.

"Pariwisata menjadi pengungkit karena turunannya banyak, termasuk ke pertanian dan industri kreatif. Misalnya belanja oleh-oleh buah. Kemudian industri kreatifnya ke batik, kami terus latih dan bikin promosi yang langsung berdampak ke penjualan pengrajin batik yang mayoritas adalah UMKM di kampung-kampung," jelas Anas.

Beberapa sektor turunan pariwisata telah menunjukkan peningkatan komposisi dalam Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Banyuwangi. Seperti penyediaan akomodasi dan mamin yang pada tahun ini pertumbuhannya meningkat sekitar 109 persen dalam lima tahun terakhir. Transportasi dan pergudangan mencapai 97,4 persen, perdagangan besar dan eceran yang juga mengalami peningkatan hingga 106 persen. 

Anas menyebut tidak mudah untuk mewujudkan pertumbuhan inklusif. Di tengah pendapatan per kapita warga yang menurut data BPS telah naik dari Rp 20,86 juta pada 2010 menjadi Rp3 7,78 juta pada 2015, problem kemiskinan tetap membayangi. Indeks ketimpangan atau gini ratio telah turun dari 0,32 menjadi 0,29 atau lebih baik dari rata-rata nasional. Gini ratio adalah perhitungan ketimpangan dengan skala 0-1 di mana semakin mendekati 0 semakin bagus alias ketimpangan menyusut.

"Ketimpangan ini bukan masalah gampang, karena variabelnya banyak, mulai infrastruktur sampai pendidikan. Kami berupaya keras menyelesaikannya. Untuk kelompok masyarakat yang sudah benar-benar tidak produktif, misalnya karena usia, pendekatannya adalah charity. Program-program yang masuk skema UGD Kemiskinan seperti pengentasan anak putus sekolah, perawatan warga sakit, dan bedah rumah terus dijalankan. Di luar warga yang tidak produktif, skemanya adalah pemberdayaan," paparnya.

Anas menambahkan, di tengah tantangan yang ada, penting untuk meningkatkan sinergi antar elemen di daerah. "Modal sosial yang sudah ada di masyarakat seperti gotong royong atau beragam tradisi budaya harus dirawat karena hanya dengan itulah kita bisa melewati semua tantangan,” pungkas Anas.

(FF)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA