1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Bupati Anas ajak warganya syiar Islam lewat Youtube dan medsos

"Nah, agar barokah dan manfaatnya bertambah, saya minta jamaah mengunggah foto atau video di Youtube dan media sosial (medsos)," kata Anas.

Tausiah Ramadan Bupati Anas di Masjid. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Selasa, 28 Juni 2016 13:28

Merdeka.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi, Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas, mengajak warganya syiar Agama Islam melalui internet. Menurut dia, perkembangan teknologi informasi (TI) harus bisa dimanfaatkan secara positif untuk kepentingan umat.

Ajakan ini disampaikan Bupati Anas saat mengisi ceramah Salat Tarawih selama Ramadan di pelbagai masjid, salah satunya di Masjid Agung Baiturrahman beberapa waktu lalu, maupun saat menggelar buka bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pendopo Sabha Swagata Blambangan.

Politisi PKB ini menjelaskan, kegiatan-kegiatan positif lewat internet itu misalnya menyebarkan video dakwah di Youtube, Twitter dan Facebook (FB) sebagai sarana syiar agama.

"Masjid ini (Baiturrahman) memiliki banyak agenda pengajian terjadwal rutin. Di tiap pengajian, pasti ada tausiyah berisi nasehat dan ajaran-ajaran yang baik. Nah, agar barokah dan manfaatnya bertambah, saya minta jamaah mengunggah foto atau video di Youtube dan media sosial (medsos)," kata Anas kala itu.

Dengan mengunggah foto di medsos maupun video ceramah agama di Youtube, menurut Anas, juga menjadi salah satu bentuk syiar agama. Tujuannya menularkan kebaikan kepada seluruh umat. "Ini agar manfaatnya tidak hanya dirasakan jamaah yang ada di sini, tapi juga masyarakat luas," ucapnya.

Dengan mengunggah kegiatan pengajian dan zikir di internet akan 'membanjiri' konten internet dengan hal-hal baik. Ini bisa menjadi penyeimbang, bahkan bisa menggerus konten-konten negatif, seperti pornografi dan radikalisme yang sengaja disebar melalui jejaring internet.

Anas pun mengingatkan semua pihak agar bersama-sama mengantisipasi dua konten negatif tersebut. "Keluarga adalah filter terbaik agar anak-anak bisa mengakses hal positif melalui Internet. Dampingi selalu anak-anak kita saat mengakses internet," ujarnya.

Selain itu, Anas juga mengimbau masyarakat agar menjadikan momentum Ramadan ini untuk introspeksi diri. "Jabatan dan popularitas sifatnya hanya sementara. Mari kita gunakan Ramadan ini untuk merefleksi diri agar menjadikan lebih baik di hari-hari ke depan," tuturnya.

Selama Ramadan tahun ini, Bupati Anas kerap Salat Tarawih bersama warga di sejumlah masjid yang tersebar di Tanah Blambangan ini. Mulai dari Masjid Agung Baiturrohman, Masjid Bunyan Nurrahman di Paspan, Glagah, Masjid Darul Falah Karangrejo, Masjid Nurul Huda Kendeng Lembu di Glenmore, hingga di Masjid Ahmad Dahlan Banyuwangi.

(MT/MA)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA