1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Bupati Anas resmikan Kecamatan Blimbingsari

Blimbingsari yang berada 15 kilometer Selatan kota Banyuwangi ini, merupakan kecamatan di mana Bandara Blimbingsari Banyuwangi berada.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meresmikan Kecamatan Blimbingsari. ©2017 Merdeka.com Editor : Farah Fuadona | Senin, 09 Januari 2017 16:19

Merdeka.com, Banyuwangi - Kabupaten Banyuwangi resmi memiliki 25 kecamatan. Kecamatan Blimbingsari menjadi kecamatan termuda yang baru diresmikan. "Dengan adanya Kecamatan Blimbingsari, maka kecamatan ini menjadi salah satu gerbang kota Banyuwangi," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, saat meresmikan pelayanan publik Kecamatan Blimbingsari di kantor kecamatan yang bertempat sementara di Kantor Desa Blimbingsari, Senin (9/1).

Blimbingsari yang berada 15 kilometer Selatan kota Banyuwangi ini, merupakan kecamatan di mana Bandara Blimbingsari Banyuwangi berada. Kecamatan Blimbingsari terdiri dari ‎10 desa. Sebelum menjadi kecamatan baru, 10 desa tersebut masuk dalam wilayah Kecamatan Kabat dan Rogojampi.  

"Dengan adanya kecamatan baru ini, kami harap bisa turut mengendalikan tata ruang di seputar bandara," kata Bupati Anas.

Konsep bandara hijau yang diusung Banyuwangi sendiri, tidak hanya pada aspek bangunan bandara saja. Tapi daerah seputar bandara pun harus tetap hijau. "Tugas camat yang baru ini adalah menjaga agar areal persawahan hijau di sekitar bandara bebas dari segala macam bangunan," tegas Anas.  

Selain seputar bandara, Bupati Anas juga berpesan, Kecamatan Blimbingsari bertugas untuk menjaga sepanjang garis pantai di daerah Blimbingsari dari pemanfaatan yang di luar sektor pariwisata. "Sepanjang garis pantai hanya boleh dibangun untuk menunjang sektor pariwisata saja," pesan Anas.

Bupati Anas menyalami warga
© 2017 merdeka.com/Humas Pemkab Banyuwangi

Kecamatan berpenduduk 53 ribu jiwa tersebut, juga diharapkan bisa menunjang percepatan akses pelayanan publik. "Proses pelayanan publik dan peningkatan investasi di Blimbingsari ini bisa semakin cepat dengan adanya kecamatan baru," katanya.

Apalagi kecamatan yang ke-25 ini berdasarkan filosofi Jawa memiliki arti penting. Dua tambah lima sama dengan tujuh, dan tujuh merupakan angka yang penting. "Berdasarkan filosofi Jawa pitu (tujuh) itu memiliki makna pitulungan. Karena itu dengan adanya 25 kecamatan diharapkan membuat Banyuwangi terus maju dan selalu mendapat pertolongan," ujar dia.

Sementara itu, untuk proses migrasi administratif dari kecamatan sebelumnya, Pemda Banyuwangi akan dilakukan secara otomatis. "Migrasi administrasi Kartu Keluarga warga Kecamatan Blimbingsari akan diselesaikan secara langsung oleh Dispendukcapil dalam waktu sebulan kedepan bisa diselesaikan dan dibagikan ke kepala desa masing-masing. Masyarakat nanti langsung akan menerima," Asisten Administrasi Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi Choiril Ustadi.

Kecamatan yang memiliki luas 50,4 juta meter persegi tersebut terdiri dari 10 desa. Delapan desa merupakan pecahan dari Kecamatan Rogojampi, yaitu Desa Blimbingsari, Patoman, Watukebo, Bomo, Kaotan, Gintangan, Kaligung dan Karangrejo. Serta dua desa lainnya berasal dari Kecamatan Kabat, yaitu Desa Badean dan Sukojati.




(FF)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA