1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Cak Imin direncanakan hadiri puncak Nusantara Banyuwangi Mengaji

Sementara untuk menyambut gelaran khataman tersebut, sejak hari Selasa kemarin (3/5), pembacaan ayat-ayat suci Alquran sudah dilakukan.

Nusantara Banyuwangi Mengaji. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Rabu, 04 Mei 2016 19:35

Merdeka.com, Banyuwangi - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, direncanakan hadir saat acara Khataman Alquran yang digelar Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur, 7 hingga 8 Mei 2016. Acara bertema Nusantara Banyuwangi Mengaji ini wujud syukur atas sukses warga Tanah Blambangan membangun kotanya selama lima tahun terakhir.

"Cak Imin (Muhaimin Iskandar) diperkirakan akan hadir sekitar pukul 21.30 WIB di Pendopo Shaba Swagata Blambangan. Beliau bersama para hafidz (penghafal Al Quran) akan turut mengkhatamkan Alquran," kata Sekretaris Daerah Pemkab Banyuwangi, Slamet Kariyono, Rabu (4/5).

‎Khotmil Quran ini akan digelar serentak di seluruh kecamatan di Tanah Osing (Using). Pusat acara ditempatkan di Pendopo Shaba Swagata Blambangan. Selam dua hari berturut-turut, mulai Sabtu malam hingga Minggu, 1.000 hafidz akan mengkhatamkan 30 juz Alquran hingga 3.000 kali.

‎Sementara untuk menyambut gelaran khataman tersebut, sejak hari Selasa kemarin (3/5), pembacaan ayat-ayat suci Alquran sudah dilakukan. Suasana di lingkungan Pemkab Banyuwangi pun sudah terlihat berbeda dari hari-hari biasanya. Suasananya berubah religius.

Dijelaskan oleh Slamet, memang sejak hari Selasa kemarin, rangkaian acara Nusantara Banyuwangi Mengaji sudah mulai digemakan. Lantunan ayat-ayat suci Alquran sudah mulai dikumandangkan dari Masjid Babbus Salam yang berada di lingkungan Pemkab Banyuwangi.

Tak hanya di dalam masjid, di sejumlah ruang kantor yang ada di lingkungan Pemkab Banyuwangi, juga terdengar suara orang mengaji. "Jadi kegiatan ini memang telah dimulai sejak Selasa kemarin. Ini sudah hari kedua rangkaian Banyuwangi Mengaji. Dan puncak acaranya pada hari Minggu besok," terang Slamet.

Tidak hanya di lingkungan Kantor Kabupaten Banyuwangi, seluruh kantor pemerintahan juga terlibat kegiatan ini. Mulai dari Kantor SKPD (satuan kerja perangkat daerah), kecamatan, kelurahan Puskesmas, hingga seluruh jajaran pendidikan dari tingkat SD/MI hingga SLTA/MA.

"Untuk kantor pemerintahan dan sekolah dilaksanakan sudah mulai kemarin. Begitu juga di pondok pesantren yang ada di Banyuwangi. Seperti di SMA Negeri 1 Giri misalnya. Seluruh siswanya diajak mengaji bersama di aula sekolah," katanya lagi.

Untuk Khotmil Quran di masjid-masjid di seluruh kecamatan yang ada di Tanah Blambangan ini, akan difokuskan pada acara puncaknya, yaitu hari Sabtu dan Ahad (8/5). ‎"Kalau acara puncak yang di pendopo akan dimulai Sabtu setelah Isya dan diakhiri pada hari Minggu setelah Salat Magrib," kata Slamet.

Nusantara Banyuwangi Mengaji bertujuan untuk mendoakan kabupaten berjuluk the Sunrise of Java ini agar aman dan selamat dari pelbagai tantangan dan permasalahan. "Ini sebagai bentuk rasa syukur kami kepada Allah atas sejumlah capaian dan prestasi yang telah diraih Banyuwangi."

"Ini juga bertujuan untuk mendoakan Banyuwangi dan Indonesia agar terhindar dari berbagai permasalahan supaya menjadi bangsa yang lebih sejahtera," terang Slamet.

(MT/MA)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA