1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Deretan Banyuwangi Festival Oktober 2016, save the date guys!

Event Banyuwangi Batik Festival akan digelar di Taman Blambangan dan dihadiri oleh Puteri Indonesia 2016.

Banyuwangi Batik Festival. ©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Rabu, 28 September 2016 15:16

Merdeka.com, Banyuwangi - Seperti pekan pertama yakni pada tanggal 1 dan 2 Oktober 2016 digelar Tradisi Suro Pesucian di Desa Gombengsari, Kecamatan Kalipuro. Pada hari pertama selain dilaksanakan prosesi arak-arakan, ider bumi dan suro pesucian. Selain itu, akan digelar lomba hadrah, lomba lukis, tauziah dan pertunjukan wayang kulit. Sedangkan hari kedua akan digelar pertunjukan Meras Jaranan, Kuntulan dan Gandrung.

Pada hari yang sama yakni 2 Oktober 2016 digelar pula Festival Kebo-keboan di Desa Alas Malang, Kecamatan Singonjuruh yang dilaksanakan pukul 10.00 WIB. Festival tersebut merupakan tradisi masyarakat sekitar ketika melaksanakan ritual adat tolak bala.

Ritual tersebut bertujuan agar desa setempat terhindar dari serangan hama pada pertanian. Kebo-keboan (manusia yang didandani layaknya kerbau) menjadi simbolisasi makhluk hidup yang bersanding dengan alam. Prosesi tersebut dilaksanakan pada penanggalan Jawa pada 1 hingga 10 bulan Asyura.

Suro pesucian
© 2016 merdeka.com/dok. istimewa

Pada tanggal 9 Oktober 2016, ritual adat serupa yang disebut sebagai Keboan oleh masyarakat Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, kembali digelar mulai pukul 06.00 WIB. Ritual bersih desa tersebut sekaligus menjadi bentuk rasa syukur hadirnya Dewi Sri sebagai simbol kesuburan pertanian setempat.

Pada tanggal yang sama juga digelar dua event besar, Yaitu Banyuwangi International Run dan Banyuwangi Batik Festival.

Event pertama akan digelar pada pukul 06.00 WIB dengan Start dan Finish di Taman Sritanjung. Ajang yang diikuti oleh pelari-pelati nasional hingga internasional tersebut merupakan sport tourism yang memperkenalkan wisata Banyuwangi sekaligus berolahraga.

Event kedua yakni Banyuwangi Batik Festival yang akan digelar di Taman Blambangan pada pukul 18.30. Acara tahunan tersebut dihadiri oleh Puteri Indonesia 2016, Kezia Roslin Cikita Warouw beserta artis ibukota seperti Denada dan Danang.

Pekan selanjutnya wisatawan akan disuguhi oleh hadirnya agenda baru dalam rangkaian B-Fest 2016, yakni Banyuwangi Fish Market Festival yang akan diselenggarakan pada 15 Oktober. Acara tersebut digelar di Pantai Muncar yang terkenal sebagai salah satu pelabuhan ikan terbesar di Indonesia. Nantinya wisatawan akan diajak mengenal jenis ikan termasuk berbagai olahan produk perikanan Banyuwangi yang diekspor.

Ijen Summer Jazz
© 2016 merdeka.com/dok. istimewa

Sehari setelahnya, pada 16 Oktober akan dihelat tradisi Petik Laut sebagai bentuk rasa syukur masyarakat pesisir Selatan atas berkah dari hasil tangkapan laut. Wisatawan akan diajak menaiki perahu-perahu nelayan dan melihat prosesi pelarungan sesaji di tengah lautan.

Sementara pekan terakhir kembali dihelat pagelaran ketiga Ijen Summer Jazz Java Banana yang dilaksanakan di Jiwa Jawa Resort, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Kali ini pecinta musik jazz akan disuguhi oleh penampilan Harvey Malaihollo, Balawan and Batuan Ethnic Fusion, Shadow Puppet serta kolaborasi para pemusik muda asli Banyuwangi, yakni Lalare Orkestra.

Jangan lupa catat tanggalnya ya!

(FF/SR)
  1. Info Banyuwangi
  2. Festival Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA