1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Diawali Pawai Sepeda Hias, pelajar Banyuwangi peringati HUT RI ke-71

"Kita mengambil start di depan Kantor Kabupaten Banyuwangi, di Jalan A Yani dan finish di Kantor Kecamatan Banyuwangi Kota," kata Sulih.

Pawai Sepeda Hias di Banyuwangi. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Kamis, 11 Agustus 2016 14:26

Merdeka.com, Banyuwangi - Tanggal 17 Agustus 2016 mendatang, Bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Untuk menyambut HUT RI ke-71 tahun itu, Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur, menggelar Festival Kemerdekaan.

Dalam rangkaian tersebut, Dinas Pendidikan setempat ikut berpartisipasi menggelar sejumlah kegiatan. Rangkaian acara 17 Agustusan itu dimulai hari ini, Kamis (11/8), dan berakhir pada 27 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Sulihtiyono, mengatakan rangkaian kegiatan khusus anak-anak sekolah ini diawali Gelar Pawai Sepeda Hias pada pukul 13.00 WIB.

"Kita mengambil start di depan Kantor Kabupaten Banyuwangi, di Jalan A Yani dan finish di Kantor Kecamatan Banyuwangi Kota. Rutenya memutar," kata Sulihtiyono usai melepas pawai bersama jajaran Kepala Dinas Pemkab Banyuwangi.

Gelar Pawai hari ini, lanjut Sulih, diikuti siswa-siswi SD dan SMP se-Banyuwangi. "Untuk SD-nya diikuti 52 sekolah, sedang yang SMP diikuti oleh tujuh sekolahan, " katanya.

Dijelaskan Sulih, begitu dia biasa dipanggil, kegiatan ini memiliki beberapa tujuan. "Yang pertama, tentu dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71. Kemudian untuk mensosialisasikan masalah sepeda sehat. Dengan olahraga bersepeda, kita mengajak anak-anak sekolah untuk selalu hidup sehat," ujarnya.

Selain itu, masih kata Sulih, juga menanamkan nilai-nila kepada anak didik untuk mencintai lingkungan sekitarnya. "Ini juga bagian dari pembentukan karakter. Dengan menggelar sepeda hias, kita mengajarkan anak-anak agar bisa memanfaatkan limbah-limbah sampah menjadi bermanfaat. Sehingga tetap bisa menjaga lingkungan sekitarnya."

‎"Yang terakhir, kita menanamkan nilai-nilai sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaanya pada 1945 silam. Bagaimana kita memberi pemahaman kepada anak-anak atas jasa-jasa para pahlawan kita. Dengan menggelar acara peringatan HUT RI ini, akan mengingatkan anak-anak didik kita tentang sejarah bangsa kita," tuturnya.

Selanjutnya, setelah Pawai Sepeda Hias ini, Dinas Pendidikan juga akan menggelar Pawai Obor atau Pawai Lampion pada 14 Agustus. Khusus acara ini digelar pada malam hari.

"Kemudian pada 20 Agustusnya, kita gelar Karnaval Pelajar yang akan diikuti anak-anak SMA dan mahasiswa perguruan tinggi. Dan terakhir pada 27 Agustus kita gelar Gerak Jalan Tradisional yang diikuti pelajar SD hingga SMA," paparnya.

‎Sulih juga menyebut, di acara ini, pihaknya juga melibatkan orang-orang tua murid. "Jelas, partisipasi orangtua dalam hal ini kita libatkan. Seperti Pawai Sepeda Hias ini misalnya. Tentu orangtua mereka ikut membantu menghias sepeda mereka masing-masing," ujarnya.

 

(MT/MA)
  1. Festival Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA