1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Pelabuhan Ketapang akan dikhususkan jadi angkutan penumpang

Sekarang ini angkutan barang di Pelabuhan Ketapang sudah overload.

©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Sabtu, 31 Desember 2016 19:15

Merdeka.com, Banyuwangi - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (31/12). Selain mengunjungi terminal baru Bandara Blimbingsari Banyuwangi, Budi juga meninjau Pelabuhan Penyeberangan ASDP Ketapang dengan didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Saat meninjau pelabuhan Ketapang, Budi menegaskan pihaknya akan melakukan penertiban angkutan barang dan penumpang di pelabuhan tersibuk nomor 2 di Indonesia ini. Menurut dia, saat ini terjadi pergerakan barang yang sangat masif dari Jawa Timur menuju Nusa Tenggara Barat dan Bali melalui Pelabuhan Ketapang. Ini menyebabkan, pulau Bali banyak dilewati angkutan barang menuju Nusa Tenggara Barat.

“Sekarang ini angkutan barang di Pelabuhan Ketapang sudah overload. Jadi akan kita reformasi, angkutan logistik akan kita kurangi. Kita akan manage agar kapal logistik (roll off-roll on/Ro-Ro) sebagian bisa langsung menuju Lombok atau Bali. Jadi yang dari Surabaya tidak perlu lewat Ketapang lagi,” kata Menhub Budi.

“Armadanya sudah kita siapkan. Kemarin sudah kita tes, untuk rute Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Lembar Lombok, sudah cukup bagus. Bulan depan akan lebih intensif,” imbuhnya.

Pelabuhan Ketapang, lanjut Budi, akan fokus difungsikan untuk kapal fery penumpang. Sehingga akses wisatawan dari dan menuju Bali yang melewati pelabuhan lebih nyaman.

“Jadi pelabuhan tidak perlu takut kehilangan income dari logistik, karena kekuatan penumpang lebih besar dari barang,” terang Menhub.

Untuk mendukung rencana penertiban arus barang tersebut, Menhub Budi juga akan menertibkan tonase muatan kendaraan dengan mengambil alih kewenangan jembatan timbang dari provinsi ke pusat. Jembatan timbang, lanjut dia, akan kembali ke awal fungsinya. Yakni sebagai alat pegontrol dan pengendali jalan, bukan untuk mendulang pendapatan daerah.

“Kita akan support sistem IT-nya di jembatan tmbang, sehingga bisa dipantau lansung dari pusat supaya angkutan darat ini lebih sopan. Yang bilangnya 20 ton ya bener 20 ton, jangan ternyata 50 ton. Kalau semua kendaraan tertib, kondisi jalan akan tetap terjaga. Jadi kita akan kontrol supaya angkutan jalan lebih sopan dan proper,” jelas Menhub.

Sementara itu, Manager Usaha ASDP Banyuwangi Ardhi Ekapati mengatakan, saat ini terdapat 42 kapal yang stand by setiap hari di ASDP Ketapang. Rata-rata yang beroperasi sekitar 35 kapal, bahkan di musim libur panjang bisa mencapai 39 kapal. Sedangkan jumlah kendaraan berat setiap harinya sekitar 4000 kendaraan. Namun demikian, lalu lintas ASDP tetap terkendali dan tidak pernah mengalami penumpukan penumbang maupun barang.

“Kalau nantinya penertiban ini dilakukan, pengurangannya hanya satu persen saja dari jumlah kapal yang beroperasi per harinya. Demikian juga dengan pengurangan kendaraan beratnya. Namun ini tetap akan sangat membantu, agar lalu lintas di ASDP Ketapang ini semakin lancar,” ujar Ardhi.

(MH/SR)
  1. Pelayanan Publik
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA