1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Seniman jazz Temenggungan akan berkolaborasi dengan musisi Jepang

Acara Jazz Patrol Kemerdekaan akan membawakan lagu-lagu tradisional Banyuwangi lama.

Kampoeng Wisata Temenggungan (Kawitan). ©2016 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Minggu, 21 Agustus 2016 10:38

Merdeka.com, Banyuwangi - Warga Kelurahan Temenggungan, Banyuwangi akan kembali menggelar konser Jazz Patrol dalam rangka perayaan HUT RI ke 71.

Setelah berkolaborasi dengan Claude Colpaert musisi jazz asal Perancis Utara pekan lalu. Kali ini para seniman jazz patrol yang tergabung dalam Kampoeng Wisata Temenggungan (Kawitan) ini, akan berkolaborasi dengan musisi dari Jepang, Junichi Usui sebagai pemain biola.

Selain itu, juga hadir beberapa musisi dan artis lokal seperti Catur Arum, Ali Gardy (Pemain flute dan saxophone dari Situbondo Ethno Society), Ghuiral Sarafagus (pemain klarinet dari Sanskerta Ethnic Fusion, Jember), dan beberapa seniman dari Jaringan Kampung Nusantara.

Jazz Patrol Kemerdekaan yang akan digelar pada hari ini, Minggu (21/8) pukul 19.00 WIB nanti akan mengiringi lagu-lagu tradisional Banyuwangi lama yang sempat populer di tahun 1960 sampai 70-an. Seperti karya seniman Andang CY,Endro Wilis, Muhammad Arief, BS Noerdian dan Mahawan.

Jazz Patrol Kemerdekaan
© 2016 merdeka.com/dok. istimewa

Beberapa lagu tradisional kuno yang akan dibawakan antara lain, Nyebar Jolo, Surung Dayung, Ya Ope, Luk-Luk Lumbu, Bang Cilang Cilung dan Pahlawan Blambangan (Minak Jinggo).

 "Selain itu, beberapa lagu yang relatif baru dengan nada pentatonik Banyuwangi dan tema lirik yang kuat juga akan dimainkan, seperti lagu Layangan, Impen-impenan, Kupu, Amanat, maupun lagu-lagu karangan Banyuwangi Jazz Patrol sendiri, seperti Jazz Kampung, dan Gending Isun," ujar Bachtiar Janan, Ketua Penyelenggara Jazz Patrol Kemerdekaan, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/8).

Dalam konser ini, kata Bachtiar, juga akan ada sesi pemberian penghargaan kepada beberapa pencipta lagu lama. Antara lain diberikan kepada Andang CY, BS Noerdian, Mahfud HR, Fatkurohman, Andi AR, dan Andif AP.

 "Pemberian penghargaan ini adalah bentuk penghormatan para seniman muda kepada para maestro senior yang telah menjadi ide dan inspirasi," tuturnya.

(FF/MUA)
  1. Musik
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA