1. BANYUWANGI
  2. KOMUNITAS

IPNU Jatim bentuk tim Instruktur Nasionalis-Religius

IPNU yang merupakan organisasi pengkaderan harus responsif terhadap dinamika dan tantangan zaman.

IPNU Jatim. ©2017 Merdeka.com Reporter : Farah Fuadona | Senin, 24 April 2017 19:00

Merdeka.com, Banyuwangi - Memanasnya suhu politik saat ini berimbas pada semakin terancamnya sendi-sendi kebangsaan dan kebhenikaan. Fenonema ini diperparah dengan kian merebaknya ujaran kebencian yang berimbas pada sentimen keagamaan dan latar belakang kebudayaan.

Melihat fenomena ini, maka Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Jawa Timur menyelenggarakan Latihan Instruktur (LATIN) di PP Darul Arifin, Jember, 21 - 24 April 2017.

Kegiatan ini menurut Winarto Eka Wahyudi, selaku ketua kaderisasi PW IPNU Jatim dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan tim instruktur di daerah-daerah di satu sisi, sekaligus membentuk tenaga instruktur yang berjiwa nasionalis-religius di sisi lain.

“untuk itulah, selama pergantian materi pelatihan, para peserta kami wajibkan menyanyikan lagu Yaa Ahlal Wathan gubahan KH. Wahab Hasbullah, untuk memompa semangat nasioanlisme yang dilandasi spirit keagamaan” terang Eka saat dimintai keterangan.

Pria yang juga menjadi dosen di Universitas Islam Lamongan ini menjelaskan bahwa IPNU yang merupakan organisasi pengkaderan harus responsif terhadap dinamika dan tantangan zaman, salah satunya adalah dengan mencetak tim instruktur yang punya jiwa nasionalisme yang tinggi.

Di sisi lain, Haikal AZ selaku ketua IPNU Jatim menegaskan bahwa agenda pelatihan ini merupakan media untuk menghidupkan kaderisasi di internal IPNU, agar tersebar di daerah-daerah SDM yang mampu menjadi aset bangsa Indonesia ke depan.

“IPNU akan menyiapkan sumber daya manusia yang siap ditempatkan pada posisi-posisi strategis dalam rangka mengabdikan diri pada bangsa dan agama” katanya.

Kegiatan yang merupakan amanah dari Rapat Kerja Wilayah diikuti oleh 15 kabupaten dan kota yang meliputi wilayah Banyuwangi, Jember, Situbondo, Kencong, Bondowoso, Kraksaan, Probolinggo, Lumajang, Malang, Pasuruan dan Bangil. Adapun pemateri yang di datangkan dalam pelatihan kali ini antara lain KH. Abdullah Syamsul Arifin (Ketua PCNU Jember dan penceramah Internasional), Muhith Efendi (Instruktur Nasional) dan Saman Hudi (Penulis buku kaderisasi IPNU tahun 2004).

(FF/FF)
  1. Komunitas
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA