1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Aksi tandur 10.000 cemara laut peringati hari Sumpah Pemuda

Sasaran penanaman 10.000 cemara laut yakni berada di Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Jum'at, 28 Oktober 2016 11:26

Merdeka.com, Banyuwangi - Momentum Sumpah Pemuda dirayakan dengan aksi tanam seribu benih cemara laut oleh sejumlah aktivis lingkungan. Acara yang digelar pukul 07.30 WIB tersebut diberangkatkan dari Bangsring Underwater atau Bunder Rumah Apung Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi, pada Jumat (28/10).

Sasaran penanaman 10.000 cemara laut yakni berada di Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Selain memperingati hari sumpah pemuda dengan melakukan aksi nyata, acara yang diinisiasi oleh Forum Nelayan Banyuwangi tersebut bertujuan untuk turut melestarikan lingkungan terutama pesisir Banyuwangi.

"Tentunya untuk fungsi vegetasi pantai. Selain untuk mencegah abrasi, juga untuk mengurangi pemanasan global. Kita punya program yang bertujuan agar pantai-pantai di Banyuwangi itu bisa tertanami vegetasi pantai semuanya," terang penggagas Forum Nelayan Banyuwangi, Ikhwan Arief kepada Merdeka Banyuwangi, Jumat (28/10).

Menurut Ikhwan, sekitar 100 aktivis dari berbagai elemen turut berpartisipasi dalam acara dengan tema 'yuk nandur untuk bangsa'. Puluhan aktivis tersebut antara lain dari komunitas antar nelayan, antar Pokmaswas, dan antar pemuda. Seperti Gerakan Cinta Laut (Gita Laut), Garda Bangsa, dan Barak Bangsa.

Acara nandur atau penanaman kali ini sekaligus bersinergis dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Banyuwangi.

"Kami share acara di media sosial, dan antusias dari temen-temen sudah banyak dari kapan hari. Kami tanam 10.000 (cemara laut). Tapi hari ini sebagai simbolis pembukaan kami hanya menanam 1.000 pohon saja. Nanti lainnya berlanjut selama satu bulan ini," tambah Ikhwan.

Menurutnya, vegetasi di Desa Bengkak sudah terlihat adanya bibit-bibit mangrove yang mulai tumbuh. Forum Nelayan Banyuwangi berharap, penanaman 10.000 pohon nanti akan menambah luasan mangrove di pesisir pantai Banyuwangi.

"Cuma spesiesnya kan berbeda dengan yang sudah ada, kan magrove sejati. Seperti jenis Rhizophora, Api-api, dan lainnya. Ini lebih mengarah ke mangrove asosiasi yang berupa cemara laut," tandasnya.

(MH/SR)
  1. Sumpah Pemuda
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA