1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Kampanye di Banyuwangi, Sandiaga Uno Ingin Terapkan Program Oke Oce

"Gerakan ekonomi rakyat yang akan kita dorong adalah Oke Oce," kata Sandi.

Sandiaga Salahuddin Uno. ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Selasa, 27 November 2018 18:36

Merdeka.com, Banyuwangi - Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Sandiaga Salahuddin Uno, berkunjung ke gang perkampungan Arab di Kelurahan Lateng, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Selasa (27/11).

Dalam kunjungan kampanyenya, Sandiaga Uno menemui puluhan hingga ratusan Ibu-ibu, Bapak, hingga pemuda. Dia menjanjikan program One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship (Oke Oce) bisa diterapkan di Banyuwangi yang diklaim bisa menguatkan ekonomi mikro.

"Gerakan ekonomi rakyat yang akan kita dorong adalah Oke Oce, alhamdulillah bersama pak Anis sudah diluncurkan tahun lalu, sudah mengurangi pengangguran 20 ribu di Jakarta. Ini kesempatan kita juga uji coba di Banyuwangi,"kata Sandi kepada warga.

Saat kampanye, Sandi mengatakan bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia kurang berkembang dan sulit mengurangi angka pengangguran karena naiknya BMM dan Listrik.

"UMKM di Banyuwangi bisa siasati naiknya biaya produksi, dipicu naiknya BBM. Naik turun? Listrik turun atau naik? Naik. Fakta, betul, karena itu yang jadi sasaran kita, ingin pangkas pengangguran, Banyuwangi maju, ingin jadi lokomotif ekonomi di Indonesia," kata dia.

Saat orasi, Sandi mengenakan kaos berkerah dengan peci berwarna cokelat. Sandi berdiri di atas panggung yang hanya berukuran sekitar 2 x 1 dengan kapasitas sekitar 1 hingga 4 orang. Sambil terus berdiri di bawah terop, Sandi sering mengajukan kesempatan kepada warga untuk mengajukan pertanyaan maupun keluhan yang ingin disampaikan.

"Kami memberi peluang kepada pemuda untuk mengembangkan usahanya sendiri, ekonomi kreatif, agar tidak jadi tamu di negeri sendiri. Pemuda di Banyuwangi kreatif gak pemudanya?," tanya Sandi.

"Tadi kita bicara dengan ibu yuni dari kelurahan lateng, minta ada pelatihan, pendampingan, dibantu pemasaran, karena bersaing dengan industri besar. UMKM dari produk kopi, kemasan baik, harus ditingkatkan, Anak muda seperti mas Yadi seperti ini juga punya dampak dari berkembangnya pariwisata," kata dia.

Selain itu, Sandi berjanji ingin menguatkan akses permodalan, pelatihan hingga menjaga ceruk pasarnya. "Dan tentunya kami pastikan juga pasarnya, Kami komit ekonomi kreatif akan kita dorong jadi lokomotif, dan kami yakin anak-anak muda akan bawa kesuksesan Indonesia ke depan," ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Sandi mengunjungi sejumlah tempat, antara lain di Kecamatan Kalibaru menemui pelaku UKM perajin tradisional alat rumah tangga, kemudian ke Pondok Pesantren Ummul Quro' Krikilan Glenmore, pertemuan dengan tim relawan Prabowo Sandi di Maron Genteng, Perjalanan ke Kampung Arab bertemu warga hingga peresmian Roemah Joeang.

(ES/MUA)
  1. Sandiaga Salahuddin Uno
  2. Oke Oce
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA