1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Pesan Anas ke istri PNS: Ibu jangan marah-marah kalau suami ke kantor

"Banyuwangi masuk 25 top inovasi pelayanan pulik tingkat nasional. Dan ini karya suami ibu-ibu sekalian," kata Anas.

Anas di depan ibu-ibu Dharma Wanita. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Selasa, 20 Desember 2016 14:29

Merdeka.com, Banyuwangi - Memperingati HUT ke-17 Dharma Wanita Persatuan, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan pentingnya peran istri Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam memberi semangat kerja suaminya, dalam pelayanan publik.

Sebab, kata Anas, Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus memberikan pelayanan publik yang ekstra kepada masyarakat. Sehingga para istri harus memberi semangat agar suaminya bisa maksimal bekerja.

"PNS sekarang mindsetnya harus berubah, pelayanan harus cepat. Sekarang sudah ada smart kampung. Mengurus SKCK cukup 15 menit. Saat ini, Banyuwangi masuk 25 top inovasi pelayanan pulik tingkat nasional. Dan penilainnya melalui tim independen. Dan ini karya suami ibu-ibu sekalian," ujar Anas kepada ratusan Ibu-ibu para istri ASN, di Gedung Wanita Paramhita Kencana, Banyuwangi Selasa (20/12).

Selain itu, Anas juga bercerita bahwa sementara ini Banyuwangi sedang tidak dibolehkan menerima PNS. Sementara jumlah pensiun per tahun mencapai 450 orang. Sehingga para ASN harus bekerja ekstra keras untuk memberikan pelayanan publik.

"Maka, salah satunya percepatan dengan sistem pelayanan online, seperti e-village budgeting," ujarnya.

Selain itu, capaian yang disampaikan Anas yakni tentang penilaian keamanan di Banyuwangi. Dia bercerita saat Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko ke Amerika Serikat, sangat mudah mengurus visa. Karena Banyuwangi sudah dinilai aman.

"Sekarang kalau ngurus visa di Amerika Gampang. Karena Banyuwangi punya hubungan khusus dengan Amerika, Jepang. Karena daerahnya dinilai aman, tentram tidak ada konflik agama," ujarnya.

Hal itu bermula ketika Konjen Amerika yang sempat mampir ke Banyuwangi, telah melapor ke Dubes Amerika tentang kenyamanannya.

"Sejak itu, Banyuwangi mendapat nama baik. Maka kemarin Pak Wapres ke sini tidak pakai mobil khusus, tapi memilih naik bus. Karena dinilai aman. Dan beliau menyukai alam Banyuwangi, sempat menghabiskan dua gelas kopi," katanya.

Di akhir sambutannya Anas mengatakan bahwa peran istri ASN bisa menjadi indikator keberhasilan suami.

"Saya bangga, di tengah keterbatasan kita, para suami ibu-ibu telah bekerja luar biasa. Jika ada suami sukses, tanyakan dua orang. Nomor satu, siapa ibumu, karena doanya luar biasa. Kedua, siapa istrinya. Maka Ibu-ibu jangan marah-marah, kalau suaminya mau berangkat ke kantor," ujar Anas memungkasi.

(MT/MUA)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA