1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Peter Pouly menangkan etape 'neraka' di ITdBI Gunung Ijen

Ini adalah kemenangan ketiga bagi Pouly.

©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Sabtu, 14 Mei 2016 16:23

Merdeka.com, Banyuwangi - Sesuai prediksi, etape empat Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 menjadi milik Peter Pouly asal Perancis, Sabtu (14/5). Ini adalah ketiga kalinya bagi Pouly memenangi ajang ini. Pembalap Singha Infinite Cycling Team, Singapura tersebut berhak menyandang gelar juara Stage Individual Classification etape empat.

Stage pamungkas event balap sepeda telah dimulai sejak pukul 09.00 WIB di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muncar, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur. Di etape pamungkas ITdBI 2016, Pouly sukses menyelesaikan 3 jam, 50 menit, 39 detik di garis finish; Paltuding Ijen dengan jarak 123 kilometer (Km) dari Muncar.

Di belakang Pouly ada rider asal Jepang, Jai Crawford ‎(Kinan Cycling Team) di posisi runner-up. Crawford menyelesaikan waktu 3 jam, 53 menit, 3 detik di garis finish.

Bambang Suryadi dari Black Inc Cycling Team menyusul di posisi tiga. Waktu yang ditempuhnya, 3 jam, 55 menit, 2 detik. ‎Pembalap asal Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia ini, ‎juga berhak menyandang gelar Stage Best Indonesia Rider.

Untuk Peter Pouly, ‎dengan catatan waktu tercepat di etape 'neraka' ITdBI 2016 juga berhak mengenakan Yellow Jersey alias juara umum (Individual General Classification by Time). Ayah Ijen Pouly ini mengemas waktu 14 jam, 29 menit, 51 detik.

"Rasanya ini tempat yang sama, seperti satu tahun, dua tahun lalu. Saat balapan dimulai, saya selalu menjaga diri saya agar tidak tabrakan, tidak jatuh, tidak ada masalah dengan saya. Sam‎pai 10 Km terakhir jelang finish saya mulai attack, dan berhasil menyelesaikannya dengan baik," terang Pouly usai juara.

Sementara Red and White Jersey di Overal Best Indonesia Rider (klasemen umum pembalap Indonesia terbaik) disematkan kepada Dadi Suryadi (Terengganu Cycling Team) dengan catatan waktu 14 jam, 35 menit, 22 detik.

Green Jersey alias penguasa medan sprint (Points Classification) diterima Guangdong Ma dengan membukukan 35 points, ‎dan Best Climbers Classification atau raja tanjakan (Polka-Dot Jersey) diterima Bambang Suryadi dengan 28 points.

Dengan berakhirnya etape empat ITdBI di Gunung Ijen, tuntas sudah 567 Km dilalui para pembalap dari 21 negara, yang masing-masing memperkuat 20 tim. Dan Peter Pouly kembali menjadi jawara tiga kali beruntun ITdBI mulai 2014, 2015 dan ‎2016. Sukses buat Peter Pouly.

(MH/MA)
  1. Tour de Banyuwangi Ijen
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA