1. BANYUWANGI
  2. KULINER

Rumah makan ini sajikan Pecel Rawon selama puluhan tahun

Kalau berkunjung ke Banyuwangi tak lengkap rasanya jika tak menikmati kuliner yang satu ini.

Pecel Rawon khas Banyuwangi. ©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Senin, 02 Mei 2016 16:24

Merdeka.com, Banyuwangi - Salah satu kuliner nusantara yang banyak diburu masyarakat Banyuwangi adalah pecel. Di Banyuwangi terdapat rumah makan yang terkenal dengan pecel rawonnya, yaitu sajian pecel yang dicampur dengan rawon.

Rumah makan Pecel Ayu sudah tak asing bagi penggila kuliner di Banyuwangi. Pasalnya, Pecel Ayu telah 34 tahun konsisten menyajikan aneka ragam masakan, seperti nasi pecel, nasi rawon, nasi pecel rawon, nasi campur, dan nasi soto ayam kampung.

Mayoritas pengunjung Pecel Ayu adalah pelanggan dengan membawa keluarga untuk sarapan atau makan siang. Menurut sang penjual, Pecel Ayu berawal dari kuliner kaki lima yang berjualan di daerah Lateng. Kini rumah makan Pecel Ayu bisa dijumpai di jalan Adi Sucipto, Banyuwangi.

Pelanggan setia Rumah makan Pecel Ayu
© 2016 merdeka.com/Suci Rachmaningtyas



“Bupati kan peduli dengan tempat-tempat wisata, jadi ada tambahan wisatawan. Kadang-kadang mesti nyantol di sini (datang ke Pecel Ayu),” ujar penjual Pecel Ayu kepada Merdeka Banyuwangi, Senin (2/5).

Satu porsi makanan di Pecel Ayu hanya dipatok dengan harga Rp 15 ribu per porsi. Pengunjung dapat menikmati sajian pecel dan rawon beserta peyek udang atau kacang. Menu tambahan lain juga tersedia seperti empal goreng, udang, dendeng ragi, baceman, dan lainnya.

“Enak ya. Keluarga sering ke sini dari dulu sampai sekarang,” ujar salah satu pelanggan Pecel Ayu, Imam.

(FF/SR)
  1. kuliner
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA