1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Rumah rusak kena angin puting beliung Pemkab Banyuwangi beri santunan

Penanganan awal bencana angin puting beliung BPBD dan Muspika Kecamatan Sempu membantu warga membersihkan pohon dan memperbaiki rumah.

Pemkab Banyuwangi beri santunan warga korban angin puting beliung. ©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Jum'at, 02 Desember 2016 17:25

Merdeka.com, Banyuwangi - Pelaksana Tugas (Plt) Sekkab Djajat Sudrajat bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi dan Camat Sempu menyerahkan sejumlah bantuan kepada warga yang terdampak bencana angin puting beliung, di Dusun Karanganyar dan Nganjukan, Desa Karangsari, Kecamatan Sempu. Terdapat tujuh rumah warga yang terdampak bencana puting beliung.

Bantuan yang diserahkan Plt Sekkab kepada 14 warga yakni berupa asbes, sembako, terpal, uang tunai dari besaran Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta per kepala keluarga (KK). Selain itu juga diserahkan bantuan kesehatan, seperti obat-obatan dan vitamin bagi warga yang membutuhkan.

“Bantuan yang kami serahkan ini untuk membantu warga yang terkena musibah. Untuk asbesnya bisa digunakan mengganti atap rumah yang rusak dan uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan yang diperlukan," ujar Djajat.

Usai menyerahkan bantuan, Djajat langsung meninjau beberapa rumah warga yang ada di dua dusun tersebut. Dalam kesempatan kali itu, ia menghimbau kepada seluruh warga untuk selalu waspada dan hati-hati menghadapi curah musim hujan.

“Kalau terjadi angin kencang yang disertai hujan tingkatkan kewaspadaan, hindari pohon-pohon besar dan bangunan tua. Karena bisa tertimpa kerobohan pohon ataupun bangunan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kusiyadi menambahkan, selama musim hujan pemerintah terus melakukan antisipasi terjadinya bencana. “Kita akan terus memantau, koordinasi daerah mana yang rawan. Setiap hari kita akan informasikan, salah satunya daerah Songgon,” kata Kusiyadi.

Untuk penanganan awal bencana angin puting beliung ini, BPBD dan Muspika Kecamatan Sempu turut membantu warga membersihkan pohon dan memperbaiki rumah-rumah yang rusak akibat angin kencang.

Bencana puting beliung yang menimpa warga Kecamatan Sempu ini terjadi dua kali. Pertama pada Selasa sore (29/11) dan kedua Rabu sore (30/11). Dalam bencana ini ada empat dusun, di Desa Karangsari yang terdampak, yakni Dusun Sumberejo 6 rumah rusak ringan. Dusun Karanganyar 3 rumah, Dusun Nganjukan 4 rumah dan Dusun Mangli 1 rumah.

“Rumah-rumah yang terdampak ini rata-rata terkena angin dan mengalami rusak ringan. Masing-masing rumah kerusakannya berbeda-beda. Ada yang hanya atapnya saja, ada juga yang sekedar depannya. Makanya bantuannya yang diberikan juga bervariasi, ada Rp 500 ribu, Rp 1 juta dan Rp 2 juta. Tergantung besar kecilnya kerusakan rumah. Bantuan uang ini juga atas kerja sama dari Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Banyuwangi,” ujar Kusiyadi.

 







(FF/SR)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA