1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Gus Ipul puji keberhasilan Banyuwangi saat buka Kwartir Pramuka

Saat ini semua daerah memang terus berkompetisi untuk melakukan perubahan, tapi Banyuwangi melakukannya secara lebih cepat dan penuh akselerasi.

Pelantikan Kwartir Gerakan Pramuka Banyuwangi. ©2017 Merdeka.com Reporter : Farah Fuadona | Senin, 03 April 2017 20:56

Merdeka.com, Banyuwangi - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur yang juga Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, membuka Festival Wirakarya Kampung Kelir di Banyuwangi, Senin (3/4). Dalam festival itu, sebanyak 1.000 kader Pramuka dari Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso akan mempercantik dan mewarnai salah satu kampung di Banyuwangi, yaitu di Kampung Temenggungan.

Kehadiran Gus Ipul (sapaan akrab Saifullah) disambut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Ketua Kwartir Cabang Pramuka Banyuwangi Yusuf Widyatmoko.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Ipul mengapresiasi kinerja pembangunan di Banyuwangi. "Kegiatan Pramuka Jawa Timur ini dimulai di Banyuwangi karena ingin mengambil spirit Banyuwangi dan Bupati Anas, karena Banyuwangi begitu cepat melakukan perubahan dan pembangunan," ujar Gus Ipul.

Gus Ipul mengatakan, saat ini semua daerah memang terus berkompetisi untuk melakukan perubahan, tapi Banyuwangi melakukannya secara lebih cepat dan penuh akselerasi. Banyuwangi dinilai Gus Ipul bisa mengambil celah di tengah persaingan yang begitu ketat, sehingga beberapa inovasinya terbukti mampu menghasilkan perubahan yang signifikan. Misalnya lewat Banyuwangi Festival yang digelar rutin sejak 2012 dengan puluhan event wisata setiap tahunnya. Ajang itu telah mampu mengerek sektor wisata di Banyuwangi.

"Kita tidak malu menduplikasi yang baik, maka nama kegiatan Pramuka ini juga festival. Ini menduplikasi (festival) yang telah sukses di Banyuwangi," ujarnya.

Gus Ipul optimistis, Banyuwangi bisa terus menjadi destinasi favorit wisatawan. Akses ke Banyuwangi juga kian mudah karena bisa melalui jalur udara, laut dan darat.

Dia menambahkan, Pramuka Jatim terus bergerak melakukan berbagai kegiatan positif di masyarakat. Pramuka ikut terlibat dalam berbagai program yang bisa memberi kontribusi bagi publik, seperti edukasi anti-narkoba dan cinta lingkungan. Juga dengan aksi nyata turun menata kampung seperti dalam ajang Festival Wirakarya “Kampung Kelir Pramuka” di Kampung Temenggungan, Banyuwangi pada 3-6 April 2017. "Dengan festival ini, kami ingin kampung-kampung semakin indah dan bisa menjadi favorit wisatawan," papar Gus Ipul.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Gus Ipul. "Banyuwangi terus berupaya memperbaiki diri. Ada kemajuan-kemajuan, dan tentu itu tidak terlepas dari dorongan Pemprov Jatim dengan Pakde Karwo (Gubernur Jatim) dan Gus Ipul sebagai pimpinannya," kata Anas.

Ke depan, sambung Anas, pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota perlu terus meningkatkan sinergi yang selama ini sudah terjalin baik. Komunikasi dengan pemerintah pusat dan provinsi adalah wajib karena pemerintah kabupaten/kota merupakan bagian dari pusat dan provinsi. "Kabupaten harus sejalan dan patuh dengan garis kebijakan di atasnya. Komunikasi ini perlu untuk saling mendukung. Kabupaten berkepentingan program-programnya didukung pusat dan provinsi, baik melalui intervensi fiskal (anggaran) maupun regulasi. Pusat dan provinsi berkepentingan karena kaki-kakinya ada di kabupaten. Tujuannya sama, yaitu sama-sama ingin program berhasil dan kondisi masyarakat semakin baik," kata Anas.

(FF/FF)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA