1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

24 Peserta gagal taklukan Banyuwangi International BMX 2017

Medan sirkuit ini dikenal sulit. Banyak peserta jatuh.

©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Sabtu, 22 April 2017 16:08

Merdeka.com, Banyuwangi - Sebanyak 24 pebalap kategori junior dan challange dalam ajang Banyuwangi International BMX 2017 gagal menaklukkan sirkuit akibat jatuh saat melintasi jumping. Sirkuit BMX standart internasional di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi ini memang terkenal dengan tingkat kesulitannya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi, Wawan Yadmadi menyampaikan, lintasan sirkuit BMX di Banyuwangi merupakan yang terbaik di Indonesia. Dibangun dengan standart dan kriteria Union Cycliste International (UCI). Mulai dari panjang, kemiringan dan tinggi lintasan jumping.

"Dibandingkan daerah lain di Indonesia, menurut Ketua PB ISSI Raja Sapta Odang yang tahun lalu turut hadir, sirkuit Muncar ini memiliki tingkat kesulitan lintasan sepeda jauh lebih bagus dibanding sirkuit lain di Indonesia," ujar Wawan di sela ajang Banyuwangi International BMX di Muncar, Sabtu (22/4).

24 pebalap yang jatuh terpaksa harus meninggalkan gelanggang sirkuit internasional BMX saat memasuki babak penyisihan menuju semifinal. Sebagian besar para pebalap gagal menghadapi jumping yang cukup tinggi setelah melaju kencang dari garis start.

"Tadi dari hasil evaluasi yang jatuh, karena jaraknya terlalu dekat antar pebalap. Dan sebagian besar kategori challange. Masih kecil-kecil ada 24," jelasnya.

Sesuai standar, para pebalap yang jatuh langsung diselamatkan oleh tim medis yang selalu berada di area sirkuit. Baru kemudian ditandu menuju mini hospital yang ada di sisi sirkuit.

"Kalau ada penanganan khusus akan dirujuk di RSUD Blambangan dan lain yang lebih dekat," ujarnya.

Banyuwangi International BMX ini merupakan ajang perlombaan kali kedua yang diselenggarakan Pemkab Banyuwangi. Saat ini, semakin dimeriahkan oleh peserta dari luar negeri dibandingkan tahun lalu, saat ini lebih banyak.

Saat ini, sebanyak 301 peserta baik lokal, nasional dan dari lima negara akan bermain di sirkuit BMX Banyuwangi hingga 22 April. Sirkuit memiliki lintasan sepanjang 350 meter dengan lebar yang bervariasi, yakni 10 meter untuk single dan 12 meter untuk double. Lintasan tersebut memiliki 17 tanjakan (jumping) dengan ketinggian yang bervariasi, mulai 0,5 meter hingga 2,25 meter, dengan sudut kemiringan 75 derajat.

(MH/MUA)
  1. Festival Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA