1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Kementerian LHK gelontorkan Rp 13 miliar percantik fasilitas di Gunung Ijen

Pembenahan fasilitas parkir, rest area, ruang dan peralatan kesehatan, pagar dan tempat sampah. menjadi prioritas.

©2016 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Senin, 23 Oktober 2017 18:39

Merdeka.com, Banyuwangi - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menganggarkan Rp 13 miliar dari APBN untuk pembangunan fasilitas wisata di Gunung Ijen. Pembangunan sarana pariwisata di Gunung Ijen akan dimulai dari lokasi titik pendakian Paltuding hingga kawasan puncak. Proyek ini akan berlangsung hingga 2018.

Kepala Balai Besar BKSDA Provinsi Jawa Timur, Ayu Dewi Utari mengatakan pembangunan sudah berlangsung, diantaranya mulai dari pembenahan fasilitas parkir, rest area, ruang dan peralatan kesehatan, pagar dan tempat sampah. "Tahun 2016 kita ajukan, total dari pembangunan Paltuding sampai atas total Rp 13 miliar dari LHK. Pembangunannya sekarang sudah jalan. Tahun ini LHK memberikan Rp 6 Miliar, tahun depan dapat sekitar Rp 7 miliar," ujar Ayu saat berkunjung di Lounge Pelayanan Publik, Pemkab Banyuwangi, Senin (23/10) sore.

Beberapa fasilitas penting yang menjadi perhatian wisatawan seperti toilet, tempat sampah, tempat ibadah dan pagar pengaman di jalur sempit pendakian akan dilengkapi. "Selain dari APBN juga ada bantuan dari pihak luar seperti perusahaan dan perbankan seperti musala dan tempat sampah," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko menjelaskan, program pembangunan dari LHK di Gunung Ijen akan disosialisasikan kepada pengelola Cable Car yang membangun di kawasan bisnis. Sosialisasi dilakukan agar tidak terjadi kebingungan.

"Karena pihak yang membangun cable car kebingungan. Ternyata ada wilayahnya sendiri. BKSDA punya wilayah pembagian untuk publik dan khusus untuk bisnis," ujarnya.

(MH/MUA)
  1. Zona Turis
  2. Wisata Gunung Ijen
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA