1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Ke Banyuwangi, Panglima TNI Puji Bandara Sampai Kinerja Ekonomi

"Kami sengaja mendesain pendopo sebagai ruang pamer terhadap produk-produk Banyuwangi, termasuk industri furniture".

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. ©2018 Merdeka.com Editor : Endang Saputra | Rabu, 28 November 2018 10:35

Merdeka.com, Banyuwangi - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) RI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berkunjung ke Banyuwangi selama dua hari, Selasa -Rabu (27-28/11/2018). Hadi memberi apresiasi sejumlah perkembangan kabupaten ujung timur Pulau Jawa tersebut.

Marsekal Hadi memuji konsep arsitektur hijau di terminal Bandara Banyuwangi. Meski sebagian besar ruangan tanpa AC, terminal bandara tetap sejuk dengan pengaturan sirkulasi udara dan aliran air di kolam ikan yang mengelilingi tiap sudut terminal.

"Sebagai pintu gerbang, Bandara Banyuwangi sangat bagus," ungkapnya.

Jika akses berupa bandara itu telah baik, menurut dia, bakal berdampak baik pula dengan taraf perekonomian daerah tersebut.

"Tidak heran jika beberapa indikator kemajuan ekonomi Banyuwangi telah menyalip sejumlah daerah lain di Jawa Timur," ungkap pria kelahiran Singosari, Malang itu.

Dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Hadi menyempatkan diri bersilaturahmi dengan para ulama se-Banyuwangi di Aula PC Nahdlatul Ulama, Selasa malam (26/11).

Usai acara tersebut, Hadi diajak Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengunjungi Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Kembali Hadi terkesan dengan arsitektur bangunan di Banyuwangi. Hadi diajak melihat bangunan guest house bawah tanah. Guset house itu tersembunyi di bawah bukit hijau yang terhampar di sisi kiri kanan halaman belakang pendopo.

Tak hanya itu, Hadi juga tertarik furniture kayu yang mendiami pendopo. Mulai dari kursi, meja, dan buffet penghias. Hadi juga langsung tertarik dengan kursi dari potongan lesung bekas.

"Wah berat ya, asli lesung ini," kata Hadi yang mencoba mengangkatnya.

"Kami sengaja mendesain pendopo sebagai ruang pamer terhadap produk-produk Banyuwangi, termasuk industri furniture. Agar setelah orang ke pendopo, bisa tertarik membeli ke para perajinnya," cerita Bupati Azwar Anas.

Marsekal Hadi sangat menikmati suasana pendopo yang asri. Selama 1,5 jam di sana, Hadi menikmati kopi Banyuwangi sambil menikmati alunan musik angklung yang ada di Pendopo.

Kunjungan Marsekal Hadi ke Banyuwangi sendiri dalam rangka meninjau latihan gabungan TNI di Asembagus, Situbondo. Hadi bermalam di salah satu hotel berbintang di Banyuwangi, untuk kemudian bertolak ke Asembagus meninjau latihan tersebut.

(ES) Laporan: Ahmad Suudi
  1. Abdullah Azwar Anas
  2. Bandara Banyuwangi
  3. Panglima TNI Hadi Tjahjanto
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA