1. BANYUWANGI
  2. KULINER

Nasi pecel super pedas dan rempeyek ombo milik Mbok Sarti

Bila Anda ingin mencoba, satu porsi nasi pecel harganya Rp 6000.

©2016 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Sabtu, 28 Mei 2016 13:12

Merdeka.com, Banyuwangi - Nasi pecel memang sudah umum ada di mana-mana, tapi berbeda untuk yang satu ini. Nasi Pecel Mbok Sarti di utara Pasar Sumberayu, Kecamatan Muncar, Banyuwangi ini punya ciri khas kuat. Salah satunya, guyuran sambal pecel di atas nasi dan sayur, terkenal dengan rasa super pedas. Serta rempeyek dengan ukuran sangat lebar memberi memberi ciri khas pada kuliner ini.

Mbok Sarti (70) pemilik warung, sudah jualan sejak tahun 1995. Saat ini usaha warungnya dibantu oleh Anak-anaknya karena tidak pernah sepi pembeli.

“Sini warung pecel paling lama yang masih bertahan sampai sekarang.  Khase pedas dan peyek ombo mulai pertama buka. Pelanggane jauh-jauh, ada yang datang dari Banyuwangi juga, padahal jaraknya ada 45 kilo. Kalau pas hari libur, biasanya rombongan satu keluarga yang datang,” tutur Jayanah, Anak Mbok Sarti, kepada Merdeka Banyuwangi, Sabtu (28/5).

Saat ditemui, Jayanah memang terlihat sibuk melayani pelanggan. Nasi pecel ada yang dibungkus dan dimakan di tempat. Warungnya sederhana, ada rak berisi gorengan tempe, tahu dan weci. Sedangkan di sampingnya, sudah ada satu termos es dan puluhan gelas teh manis untuk para pelanggan.

“Jadi kalau pelanggan pengen minum langsung ambil, esnya ambil sendiri dari termos,” jelas Jayanah. Soal rasa Nasi Pecel Mbok Sarti ini memang memiliki rasa yang sangat pedas. Anda pasti dibuat berkeringat. Minuman es teh manis siap ambil, memang untuk pelanggan agar tidak menunggu lama saat kepedesan.

Pelanggan yang sangat ramai, membuat warung Nasi Pecel Mbok Sarti dalam sehari mampu menjual berkilo-kilo rempeyek, nasi dan sambal. “Rata-rata peyek sehari habis 15 kilo, sambel habisnya 15 kilo juga. Nasi habis 40 Kg,” tutur Jayanah.

Jayanah menjelaskan, sambal Nasi pecel Mbok Sarti bahkan sudah sering mendapat pesanan untuk dibawa ke Amerika, Taiwan dan Arab Saudi. “Itu orang-orang  sini yang ada di Taiwan, Saudi, Amerika, minti kiriman sambal. Ada juga yang ke sini, terus dibawa ke sana. Kalau yang Amerika ada orang sini yang anaknya sekolah di sana minta kiriman, beline langsung 5 Kilo,” paparnya.

Tidak hanya itu, beberapa daerah seperti Surabaya, Jogja, Malang dan Bali juga sering memesan rempeyek dan sambal milik Mbok Sarti. “Kalau daerah luar kota sering pesen sambal dan peyek. Surabaya, Jogja. Kalau peyek sering dipesen orang-orang Bali, Malang,” jelasnya.

Pada tahun 2014 sampai 2015 kemarin, Warung Nasi Pecel Mbok Sarti pernah mendukung tim gerak jalan tiap Agustus yang diadakan Pemerintah Camat Muncar. “Ya juara satu terus itu, tim nasi Pecel Mbok Sarti,” ujarnya bangga.

Bila Anda ingin mencoba, satu porsi nasi pecel harganya Rp 6000. Sedangkan untuk teh manisnya, cukup Rp 2000.  Meski ramai pembeli, Anda tidak perlu khawatir, karena selalu mengutamakan kecepatan pelayanan. Warung ini buka mulai pukul 06.00 WIB sampai 14.00 WIB.

Salah satu siswa asal Srono, terlihat ada yang pesan nasi pecel dengan guyuran sambal cukup banyak. “ Peyeknya, dobel Mbak, sama sambelnya dikasih banyak. Saya jauh-jauh dari Srono pengen beli ini,” ujarnya kepada Jayanah.

(MH/MUA)
  1. Makanan Tradisional
  2. Zona Turis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA