1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Persiapan Penerbangan Internasional Kuala Lumpur - Banyuwangi Terus Dikebut

"Alhamdulillah, kita terus matangkan, terutama hal-hal sangat teknis karena memang mekanismenya ketat".

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. ©2018 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Minggu, 02 Desember 2018 14:30

Merdeka.com, Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi dan para pemangku kepentingan terkait bandara terus mematangkan rencana penerbangan internasional rute Kuala Lumpur-Banyuwangi oleh maskapai nasional Citilink. Penerbangan internasional perdana tersebut akan dimulai dalam waktu dekat.

"Alhamdulillah, kita terus matangkan, terutama hal-hal sangat teknis karena memang mekanismenya ketat. Semua stakeholder sudah duduk bareng, sejauh ini sangat oke," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat ditemui, Minggu (2/12).

Anas menyebut, pertemuan teknis secara rutin diikuti PT Angkasa Pura II, manajemen maskapai, Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (AirNav), Kementerian Pariwisata, Ditjen Bea Cukai, Ditjen Imigrasi, dan Balai Karantina Hewan dan Kesehatan Kementerian Pertanian.

Dihubungi terpisah, Chief of Air Traffic Development Angkasa Pura II, Hufron Kurniadi mengatakan, pihaknya terus memacu persiapan penerbangan internasional, mulai terminal internasional, keimigrasian, kepabeanan, izin penerbangan rute internasional, dan penetapan bandara internasional dari Kementerian Perhubungan.

Untuk kesiapan terminal internasional, kata Hufron, saat ini AP II tengah merenovasi terminal VIP Bandara Banyuwangi menjadi terminal internasional. Sejumlah alat untuk keperluan pembukaan terminal internasional juga sudah siap.

"Saat ini untuk mesin X-Ray sudah stand by di Jakarta, sewaktu-waktu terminal sudah siap, alat langsung dikirim. Sedangkan check-in counter sudah ada di Banyuwangi, begitu juga peralatan keamanan seperti perlengkapan komunikasi dan metal detector. Tinggal dipasang saat terminal selesai renovasi," terangnya.

Executive General Manager Bandara Banyuwangi Anton Marthalius menjelaskan, saat pembenahan gedung terminal internasional terus dikebut. Targetnya, 12 Desember sudah mencapai 90 persen.

"Kami pastikan semuanya berjalan dengan baik, sarana prasarana kelengkapan penunjang terminal internasional bisa masuk secara bertahap. Sehingga, pada awak Desember ini sudah bisa dilakukan verifikasi oleh Kementrian Perhubungan," ujarnya.

Sementara itu, Vice President (VP) Citilink Tenten Wardaya mengatakan, izin slot penerbangan dari Malaysia sudah didapatkan. Citilink mendapatkan slot penerbangan Kuala Lumpur – Banyuwangi di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) Terminal 2.

Untuk penerbangan Kuala Lumpur-Banyuwangi, Citilink akan menggunakan pesawat Airbus 320 dengan kapasitas 180 penumpang. Kuala Lumpur-Banyuwangi bakal ditempuh dalam waktu dua jam 30 menit.

"Rencananya, kami terbang seminggu tiga kali," kata Tenten.

 

(ES/ES)
  1. Abdullah Azwar Anas
  2. Bandara Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA