1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Indahnya Kawah Ijen, datang yuk ke sini

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen.

©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Kamis, 10 Maret 2016 17:13

Merdeka.com, Banyuwangi - Pergi ke Banyuwangi tak sempurna kalau belum menyambangi Kawah Ijen. Kawah ini terletak di puncak Gunung Ijen.

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen dengan tinggi 2.443 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 Hektar. Danau kawah Ijen dikenal merupakan danau air sangat asam terbesar di dunia.

Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru, yang merupakan keunikan tempat ini.

Karena pemandangan alami ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen. Dari Kawah Ijen, kita dapat melihat pemandangan gunung lain yang ada di kompleks Pegunungan Ijen, di antaranya adalah puncak Gunung Merapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante, dan sebagainya.

Sekadar informasi, Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Untuk mendaki ke gunung ini bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.

(MH/MA)
  1. Pariwisata
  2. Zona Turis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
ZONA TURIS