1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Taman Langit, surga tersembunyi di Kaki Gunung Ijen

Dari Taman Langit, pengunjung bisa menikmati keindahan landscap Kota Banyuwangi.

©2016 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Kamis, 13 Juli 2017 12:28

Merdeka.com, Banyuwangi - Ada surga tersembunyi bila berkunjung ke wisata Taman Langit, di Desa Banjar, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Pengunjung bisa melihat gugusan gunung, awan dan wajah perkotaan.

Temukan juga proses pengolahan gula aren, sambil menikmati berbagai buah dan secangkir kopi di tengah segarnya udara di kaki Gunung Ijen. Perjalanan ke Taman Langit dimulai dari perkampungan warga Desa Banjar, wisatawan akan melihat kebun aren, buah-buahan dan persawahan terasiring dengan kontur jalan naik-turun.

"Diutamakan melihat proses membuat gula aren. Karena di sini banyak aren," ujar Rusdil Badi, Pengelola Wisata Taman Langit, bersama pemuda Desa Banjar, saat mengantar wisatawan pekan lalu.

Dia kemudian menunjukkan, dari Taman Langit, pengunjung bisa menikmati keindahan landscap Kota Banyuwangi, Selat Bali, sampai pantai G-land yang berada di Taman Nasional Alas Purwo. "Di bagian barat, bisa melihat Gunung Raung, bukit Ranti dan Kendil," tambahnya.

Belum lagi, selama perjalanan menyusuri persawahan terasiring, bisa langsung melihat proses membajak sawah sampai petani yang sedang merawat tanamannya. Pada pos pertama, pengunjung akan disajikan kelapa muda sambil bermain musik angklung. Kemudian menyusuri jalur buah-buahan, tanaman aren, dan rempah yang ada di Taman Langit.

"Ada pohon durian, manggis, langsat, rambutan, salak, kalau sedang musim bisa langsung pesan metik," jelasnya.

Rusdil mengatakan, di Taman Langit masih ada sekitar 100 lebih pohon aren, dari 500-an di Desa Banjar. Area Wisata Taman Langit, seluas 8 hektare dengan dua spot istirahat selama tracking.

Saat itu, Rusdil dan pemuda Desa Banjar sedang mengantar 80 wisatawan asal Mahasiswa Untag Banyuwangi, UNS Solo, dan Bandung. Paket wisata di Taman Langit, minimal untuk 5 orang dipatok dengan tarif Rp 100.000 untuk per orangnya.

"Itu sudah bisa menikmati kopi uthek, sego lemang dan minum degan," katanya.

Pulangnya, wisatawan bisa menginap di homestay Desa Banjar. Ada 12 homestay yang dikelola oleh warga. Setelah itu, silakan rasakan sendiri kebahagiaan menikmati wisata Taman Langit di Desa Banjar.

(MH/MUA)
  1. Zona Turis
  2. Wisata Alam
  3. Wisata Gunung Ijen
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA