1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Menteri PDT janji bakal jadikan Banyuwangi sebagai contoh bagi desa lain

"Birokrat saya juga kami minta untuk belajar ke Banyuwangi. Rakor selanjutnya bisa di Banyuwangi".

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Selasa, 17 Juli 2018 12:10

Merdeka.com, Banyuwangi - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDT) Eko Putro Sandjojo, asik membuat video vlog saat mengunjungi Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Mendes juga mengabadikan momen di ponselnya saat mengunjungi homstay yang dikelola warga dan Festival Agro Expo.

"Harusnya sudah pulang hari ini, tetapi saya tertarik lihat inovasi di Banyuwangi. Saya mau dengar, bukan ngasih ceramah," ujar Mendes Eko, Selasa (17/7).

Lewat dokumentasi pribadinya, Eko berjanji bakal menjadikan Banyuwangi sebagai percontohan untuk desa-desa lain di Indonesia. Pihaknya mengapresiasi sejumlah inovasi di bidang pelayanan publik di tingkat kabupaten hingga di desa. Pihaknya juga bakal menjadikan Banyuwangi sebagai tuan rumah pelatihan kepala desa.

"Saya melihat banyak inovasi, dan ini bisa menginspirasi desa-desa lain di Indonesia. Birokrat saya juga kami minta untuk belajar ke Banyuwangi. Rakor selanjutnya bisa di Banyuwangi," terangnya.

Usai meninjau inovasi smart kampung dan homstay di Desa Tamansari, dia tertarik bakal memberikan dukungan dalam bentuk bantuan

"Lima desa ada bantuan, 200-300 juta, agar desa lebih sempurna. Bumdes bisa diajukan, satu Bumdes kalau bagus bisa 50 jutan" janjinya.

Mendes PDT sendiri pada tahun 2017 pernah memberikan penghargaan Desa Wisata Award untuk Desa Tamansari karena dinilai berhasil memanfaatkan potensi desanya di bidang pariwisata dengan mengelola homstay.
Para penambang belerang di Kaki Ijen, sebagian besar memiliki homstay untuk alternatif pekerjaan.

"Tadi masih ada satu desa tertinggal, dan akan kita keroyok bersama bupati," ujar Eko.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan terimakasih atas apresiasi yang diberikan Mendes PDT. Anas bakal teus mengoptimalkan potensi berbasis desa sebagai penyangga ekonomi kota.

"Di Banyuwangi tinggal satu desa di Jelun yang masih butuh perhatian, dan ini terus kami keroyok untuk dibantu. Terimakasih Pak menteri karena juga turut membantu," katanya.

(ES/MUA)
  1. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA