1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Puan harap pagelaran BEC 2017 berikan dampak ekonomi pada masyarakat

Hari ini Menteri Puan membuka pagelaran BEC di Banyuwangi.

©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Sabtu, 11 November 2017 19:22

Merdeka.com, Banyuwangi - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani membuka pagelaran Banyuwangi Ethno Carnival 2017 di Taman Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (11/11). Dalam sambutannya, Puan berharap event BEC bisa memiliki dampak perekonomian kepada masyarakat.

"Dari pemerintah kami harapkan event ini bisa memberikan dampak perekonomian kepada masyarakat, terutama pelaku usaha mikro," ujar Puan saat memberi sambutan.

Tidak hanya Puan, ajang BEC yang sudah digelar rutin sebanyak enam kali ini juga dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan, pagelaran BEC di Banyuwangi dan 72 agenda event lainnya, merupakan hasil kolaborasi pemerintah dan seluruh elemen masyarakat. "Kami ingin sampaikan Banyuwangi ethno carnival, tidak melibatkan event organizer, tapi oleh sanggar seni, budayawan, kurator, dan seluruh masyarakat Banyuwangi," kata Anas.

Agar memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat, setiap event di Banyuwangi selalu memberi ruang untuk pelaku usaha UMKM. Di samping pergerakan ekonomi yang hadir dari kunjungan wisatawan dari setiap pagelaran event.

Baru saja, Pemkab Banyuwangi juga menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk berkolaborasi dengan UMKM di Banyuwangi. Hasilnya, muncul oleh-oleh khas bernama Keranjang Rasa Banyuwangi (Kanggi) yang merupakan kolaborasi produk lokal dari 7 UMKM Banyuwangi dan sudah dijual langsung dalam ajang BEC.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah pusat, khususnya Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). UMKM daerah bisa mendapatkan ilmu selama pendampingan oleh Bekraf sehingga daya saing pelaku ekonomi kreatif di daerah meningkat," jelas Anas.

Ajang BEC 2017, kali ini mengambil tema Majestic Ijen untuk mengeksplorasi keindahan Gunung Ijen melalui karya kreatif busana. Peserta BEC diikuti oleh putra-putri daerah sebanyak 160 orang, mulai kalangan pelajar hingga profesional.

(MH/MUA)
  1. Festival Banyuwangi
  2. Banyuwangi Ethno Carnival
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA