1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Pantai Pulau Merah, ombaknya paling diminati para turis

Paling terkenal di pantai ini adalah sebuah bukit hijau kecil bertanah merah.

©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Senin, 14 Maret 2016 11:55

Merdeka.com, Banyuwangi - Kota Banyuwangi tak kalah dengan Bali. Kota ini juga menjanjikan sejuta kenikmatan wisata. Ada banyak pantai yang indah dan mempesona.

Semua orang pasti tahu dengan pantai Pulau Merah atau Pulo Merah. Pantai ini terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Ada yang menarik untuk wisatawan. Yup, paling terkenal di pantai ini adalah sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut.

Di sana juga terdapat Pura di mana warga yang beragama Hindu melaksanakan upacara Mekiyis. Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan.

Nama Pulo Merah sendiri merujuk pada sebuah bukit kecil di tepi pantai yang memiliki tinggi sekitar 200 meter. Bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah dan ditutupi oleh vegetasi hijau sehingga tidak terlalu tampak warna aslinya. Bukit ini bisa diakses pada saat air sedang surut

Pantai Pulo Merah berpasir putih terbentang sepanjang tiga kilometer. Sehingga juga sesuai untuk keluarga. Namun, ombak Pulo Merah yang cukup tinggi tidak terlalu sesuai untuk digunakan berenang, terutama bagi anak kecil.

Karena ombak yang tinggi, pantai ini cocok untuk selancar. Ombak di kawasan Pulo Merah cukup menantang dan menjadi salah satu tempat ideal untuk penggemar olahraga selancar.

Ombak di pantai ini tergolong cukup tinggi berkisar 3-5 meter dan cocok untuk pecinta olahraga selancar (surfing). Menurut penuturan warga setempat, turis-turis asal Prancis, Jerman, dan Australia sering berkunjung ke tempat ini.

President INSA atau Asosiasi Selancar Indonesia, Jro Made Supatra Karang, mengatakan bahwa pemandangan dan ombak di kawasan wisata Pulau Merah merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

"Saya juga sudah berkeliling dunia dan melihat pantai di banyak negara, tetapi belum pernah melihat pantai yang seindah Pulau Merah. Pertama kali berkunjung ke sini, saya langsung takjub," katanya.

(MH/MA)
  1. Wisata Pantai
  2. Zona Turis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA