1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Banyuwangi Ethno Carnival 2017 diprediksi dipadati ribuan penonton

Penonton tidak hanya dari dalam negeri, tapi juga luar negeri.

©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Sabtu, 11 November 2017 19:10

Merdeka.com, Banyuwangi - Ajang Banyuwangi Ethno Carnival 2017 yang digelar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi diprediksi dipadati hingga 80 ribu penonton. Hal ini dilihat dari taksiran okupansi hotel, jumlah undangan dan antusiasme penonton BEC tiap tahunnya.

"Hunian hotel di Banyuwangi ada kapasitas 3.800 kamar, semua hampir full. Undangannya saja ada 7.000 orang, dua kali lipat dari target. Prediksi jumlah penonton di sepanjang jalur sampai 80.000," ujar Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Banyuwangi, MY Bramuda di sela persiapan BEC di Taman Blambangan, Jumat (11/11).

Bramuda mengatakan, antusiasme penonton BEC memang terus dipertahankan dengan menyajikan tema kearifan lokal yang berbeda setiap tahunnya. Pernah mengangkat tema Tari Gandrung, ritual Kebo-keboan, tradisi pernikahan masyarakat Suku Using dan seni Barong Kemiren.

Kali ini, BEC 2017 mengangkat tema; Majestic Ijen. Bagaimana keindahan wisata Gunung Ijen dengan tiga sub tema; api biru (blue fire), belerang dan lanscape.

Tema Majestic Ijen, ditampilkan dalam balutan desain baju karnaval berjumlah 160, dan akan dibawakan oleh putra-putri daerah mulai Anak-anak sampai remaja. Para peserta karnaval BEC, akan memulai garis start di Taman Blambangan, kemudian berjalan sepanjang 2,5 kilometer hingga mencapai finish di Kantor Pemkab Banyuwangi.

"Sepanjang jalan 2,5 kilometer ini, yang diprediksi bisa mencapai 80 ribu penonton. Kalau untuk tamu undangan berkumpul di Taman Blambangan," terangnya.

Tidak hanya penampilan oleh putra-putri daerah, BEC kali ini juga semakin dimeriahkan oleh 50 orang wisatawan mancanegara yang bakal mengenakan berbagai desain baju budaya Indonesia.

"Mereka akan jalan di-catwalk, mengenakan baju budaya yang didesain Anak-anak muda sini," ujar Bramuda.

Tidak tanggung-tanggung, jumlah 50 peserta BEC mancanegara, diambil dari hasil seleksi 3.500 wisatawan dan berasal dari 19 negara. "Mereka kami seleksi, dari 3.500 orang, kami pilih 50 saja. Itu dari 19 negara," katanya.

Ajang BEC 2017 kali ini juga mendapat perhatian spesial, karena bakal dihadiri oleh tiga menteri, di antaranya; Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. Kemudian Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

(MH/MUA)
  1. Festival Banyuwangi
  2. Banyuwangi Ethno Carnival
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA