1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Besok, 1.000 anak yatim akan berkumpul di Pendopo Sabha Swagata

Festival Anak Yatim telah diselenggarakan Pemkab Banyuwangi sejak tahun 2012.

©2016 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Jum'at, 18 November 2016 17:09

Merdeka.com, Banyuwangi - Sebagai bentuk kepedulian terhadap anak yatim, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi kembali menggelar Festival Anak Yatim (FAY) 2016. Festival ini akan berlangsung Sabtu (19/11) besok di halaman Pendopo Sabha Swagata.

Sebanyak 1.000 anak yatim dari 24 kecamatan di Banyuwangi akan diberi santunan. Di halaman pendopo, juga bakal disediakan ruang bermain sampai menikmati jajanan kuliner Banyuwangi.

“Lewat festival ini, kami ingin berbagi kasih dan keceriaan kepada anak-anak yatim. Meskipun apa yang kami lakukan ini hanyalah sederhana, namun kami berharap bisa membahagiakan mereka,” jelas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Jumat (18/11).

Bupati Anas mengatakan, melalui festival ini, diharapkan anak yatim bisa mendapatkan motivasi agar bersemangat dalam menggapai cita-cita. Agar rasa percaya diri anak yatim bisa tumbuh.

“Kami ingin anak-anak yatim memiliki masa depan yang cerah, lewat ajang FAY kami ingin mereka mengetahui kalau masa depannya juga dijamin lewat pendidikan oleh pemerintah daerah,” ujar Anas.

Sementara itu, Ketua Panitia FAY 2016, Haikal Kafili, menjelaskan, para anak yatim akan diberi ruang bermain tradisional dan modern, seperti Bola dum, istana balon, monopoli, scooter matic, sampai nonton film bersama.

“Anak anak bebas memilih aneka permainan yang mereka sukai,” jelas Haikal.

Sedangkan aneka kuliner yang disiapkan untuk dinikmati anak-anak yatim antara lain seperti es krim, bakso, batagor, mie ayam, pangsit, gado-gado, soto, es degan, es dawet dan es buah serta jajanan khas tradisional.

“Semua anak yatim juga akan mendapatkan santunan sebesar Rp 3000 per anak dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyuwangi,” jelasnya.

Pekan lalu, anak-anak yatim ini juga mengukit rangkaian kegiatan wisata edukasi. Seperti keliling kantor Pemkab Banyuwangi sekaligus bertemu Bupati Anas. Kemudian berkunjung ke Bandara Blimbingsari, Sekolah Pilot dan diajak ke perusahaan pembuatan kapal laut.

Tidak hanya jalan-jalan, Anak-anak juga telah diajak berkompetisi mengikuti lomba tartil Al-Quran tingkat SD/MI, Lomba Cipta dan baca puisi Using untuk siswa SMP sederajat, serta kegiatan Gali Potensi dan Prestasi Anak Yatim tingkat SMA.

Festival Anak Yatim telah diselenggarakan Pemkab Banyuwangi sejak tahun 2012. Sekaligus beasiswa bagi anak yatim yang berprestasi dari kalangan keluarga kurang mampu, agar bisa menempuh pendidikan sampai perguruan tinggi.

(MH/MUA)
  1. Festival Banyuwangi
  2. Festival Anak Yatim
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA