1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Menpar sebut Banyuwangi penyelenggara festival terbaik di Indonesia

"Melihat dari berbagai festival yang ada di Indonesia, Banyuwangi saya sebagai the best festival city," kata Arief.

Menteri Pariwisata Arief Yahya. ©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Sabtu, 04 Februari 2017 10:43

Merdeka.com, Banyuwangi - Kementerian Pariwisata menobatkan Banyuwangi sebagai Kota Terbaik Penyelenggara Festival ‎(The Best Festival City). Ini disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, saat launching Banyuwangi Festival 2017, di Kantor Kementerian Pariwisata, Jumat (3/2) sore.

"Melihat dari berbagai festival yang ada di Indonesia, Banyuwangi saya sebagai the best festival city, atau kota terbaik penyelenggara festival. Banyuwangi peringkat pertama," kata Arief.

Ini setelah Banyuwangi secara rutin sejak 2012 menggelar Banyuwangi Festival yang telah terjadwal sejak awal tahun. Penyelenggaraannya pun terus mengalami peningkatan secara kuantitas dan kualitas. Tahun 2017 ini, Banyuwangi menggelar 72 even dalam rangkaian Banyuwangi Festival.

Menurut Arief dengan atraksi wisata seperti Banyuwangi Festival, ada dua hal yang didapat. Yakni culture values dan commercial values. Untuk culture values berkaitan dengan tingkat kebahagiaan. Sedangkan komersial values merupakan keuntungan secara ekonomi bagi rakyat Banyuwangi. ‎

Arief memberikan ‎gambaran, dengan adanya Banyuwangi Festival ‎kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 80.000, sedangkan wisatawan nusantara sebanyak 3,2 juta.

Tiap satu wisatawan asing datang, rata-rata membelanjakan 500 dolar. Dengan demikian, apabila dikalkulasikan uang yang dikeluarkan oleh wisatawan asing bisa mencapai Rp 500 miliar.

"Sedangkan wisatawan nusantara, ambillah rata-rata Rp 1 juta. Jadi dari wisatawan nusantara bisa mencapai Rp 1 triliun. Jadi ada uang Rp 1,5 triyun yang berputar di Banyuwangi dari pariwisata," kata Arief.

Jadi menurut Arief, strategi dari Banyuwangi sangat tepat untuk menggelar Banyuwangi Festival, yang tahun ini mencapai 72 event ‎sangat tepat untuk menarik kunjungan wisatawan.

Selain itu, Arief juga mendorong Banyuwangi ke depan mengembangkan wisata bahari, khususnya pengembangan marina. Menurut dia, kapal-kapal yacht bisa mendatangkan pendapatan yang besar bagi Banyuwangi.

"Jika dalam setahun ada 1.000 yacht bisa berlabuh di Banyuwangi, kita bisa mendapatkan setidaknya Rp 1 triliun dari spending mereka," kata Arief.

Banyuwangi Festival tahun ini juga menggelar Banyuwangi Sail Yacht Festival pada 15 September 2017 mendatang.

(MT/MT)
  1. Info Banyuwangi
  2. Pariwisata
  3. B-Fest
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA