1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Banyuwangi promosi wisata tingkat kecamatan dengan 'A Week in Songgon Festival'

"A Week in Songgon Festival ini mendorong keunikan masing-masing kecamatan untuk tumbuh," kata Anas.

A Week in Songgon Festival di Banyuwangi. ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Sabtu, 21 April 2018 13:46

Merdeka.com, Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengembangkan potensi tingkat kecamatan dalam promosi pariwisatanya. Kali ini Kecamatan Songgon yang menggelar festival berjudul 'A Week in Songgon.'

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya mengatakan dalam 1 minggu banyak aktivitas wisata olahraga yang akan digelar. Dari rafting, tubing, panahan, berkuda hingga paintball, yakni permainan tembak-tembakan dengan peluru bola warna.

Anas mengatakan dengan keunikan alamnya, Songgon memiliki potensi wisata yang tidak bisa dibawa ke kota. Misalnya Sungai Bati yang cukup besar dan menarik untuk rafting yang diperkirakan akan diikuti sedikitnya 70 tim dalam seminggu.

"A Week in Songgon Festival ini mendorong keunikan masing-masing kecamatan untuk tumbuh. Rafting ini ada di sini, sirkuitnya tidak bisa dipindah ke kota, maka dikerjakan di sini," kata Anas di Hutan Pinus, Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, Sabtu (21/4).

Dia mengatakan kecamatan-kecamatan harus terus meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat maupun inovasi pariwisatanya. Pasalnya di kecamatan-kecamatan banyak masyarakat kecil yang berpotensi turut menikmati perkembangan pariwisata Kabupaten Banyuwangi.

"Tentu ke depan, kualitasnya akan ditingkatkan. Ini murni partisipasi dari bawah dan dianggarkan juga dari bawah," katanya lagi.

Sementara itu, Camat Songgon Wagianto mengatakan ada 3 kelompok pengelola pariwisata di Desa Sumberbulu. X Badeng dan Karo Adventure yang menawarkan kegiatan rafting, tubing dan panahan, serta Hutan Pinus yang menyediakan hawa sejuk untuk kegiatan edukasi alam, berkuda, berkemah, outbond, dan arena selfie pilihan.

"Ada 3 komunitas pengelola wisata, Pinus, Badeng dan Karo. Per bulan mendapatkan kunjungan 600 orang, ada naik turunnya jumlah pengunjung," kata Wagianto.

(MT/MT) Laporan: Ahmad Suudi
  1. Festival Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA