1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

1.600 Orang di Banyuwangi bakal ikuti Pilkada Jatim di wilayah bencana

"Semua tetap di dusunnya masing-masing, cuma digeser saja. Misalnya TPS 4 itu semula di tengah kampung warga," kata Suherman.

Korban banjir bandang Banyuwangi. ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Selasa, 26 Juni 2018 10:34

Merdeka.com, Banyuwangi - Sebanyak 1.600 pemilik hak suara di Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akan mengikuti prosesi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jatim di wilayah bekas bencana. Pasalnya 3 tempat pemungutan suara (TPS) dimana mereka akan menentukan pilihan turut terkena dampak banjir bandang yang terjadi Jumat (22/6) lalu.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banyuwangi pun harus memindahkan 3 TPS tersebut untuk memudahkan akses dan proses pemilihan. TPS 4 di Dusun Wonorekso, TPS 6 di dusun Garit dan 7 di Dusun Bangunrejo dipindahkan sekitar 100 meter hingga 200 meter.

"Semua tetap di dusunnya masing-masing, cuma digeser saja. Misalnya TPS 4 itu semula di tengah kampung warga, digeser ke utara, di depannya balai desa. Sehingga lalulintas orang itu mudah di situ," kata Suherman, penanggung jawab Divisi Teknis Penyelenggaraan KPUD Banyuwangi, Senin (25/6).

Dia mengatakan pemindahan TPS mulai dilakukan hari ini dan besok ditargetkan selesai. Logistik Pilkada seperti kotak dan surat suara juga telah didistribusikan ke masing-masing desa.

Suherman mengatakan pihaknya juga telah menyelesaikan pengiriman surat pemberitahuan tempat dan waktu pemilihan (C6) kepada pemilik hak suara agar ikut memilih pasangan calon (paslon) gubernur dan calon wakil gubernur Jatim. Dia berharap, meski sedang sibuk memulihkan dampak bencana, masyarakat tetap mau menyempatkan diri memilih antara paslon nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak atau paslon nomor urut 2 Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) – Puti Guntur Soekarno.

"Surat C6 sudah sampai kepada masing-masing warga pemilik hak suara. Kita berharap saja semua pemilik hak suara memberikan suaranya pada Pilkada Jatim 27 Juni besok," katanya.

Sementara itu Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman hari ini melepas 724 anggotanya yang bertugas menjaga keamanan Pilkada Jatim 2018. Acara resmi dilaksanakan di halaman markas Polres (Mapolres) Banyuwangi pagi hari meski diguyur hujan.

Donny menginstruksikan agar mereka segara mengenal 2.830 TPS di seluruh Banyuwangi, berikut medan yang ada, termasuk membangun integritas dengan petugas Pilkada di masing-masing TPS.

"Kita sudah adakan pelatihan untuk mereka apa saja yang perlu dilakukan saat pelaksanaan maupun dari sisi administrasi Pilkada. Pesan saya mereka harus netral dan melaksanakan kegiatan pengamanan sehingga Pilkada Jatim ini berjalan aman lancar," katanya.

(MT/MT) Laporan: Ahmad Suudi
  1. Info Banyuwangi
  2. Pilkada Serentak
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA