1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Anas undang pemudik nostalgia di acara Diaspora Banyuwangi

Momen ini pun bisa jadi tempat menggalang solidaritas membangun daerah dan bertukar informasi.

Diaspora Banyuwangi 2016. ©2017 Merdeka.com Reporter : Farah Fuadona | Minggu, 25 Juni 2017 06:40

Merdeka.com, Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi kembali menggelar acara rutin silaturahmi dengan semua warga asal daerah tersebut yang kini tinggal di berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri, atau yang biasa diistilahkan dengan sebutan diaspora. Para perantau yang mudik ke Banyuwangi diundang dalam acara ”Diaspora Banyuwangi” di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Selasa (27/6).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, menyatakan, acara ini sudah digelar rutin sejak empat tahun terakhir. ”Mari semua yang sedang mudik di Banyuwangi untuk datang dan bersilaturahmi bersama di acara ini. Ya sekaligus kangen-kangenan, nostalgia dengan Banyuwangi,” ujar Anas.

Anas mengatakan, dalam acara itu disediakan beragam kuliner lokal secara gratis. Berbagai makanan khas Banyuwangi disajikan, mulai pecel pitik, rujak soto, nasi cawuk, lontong sayur, hingga sayur kelor sambal sereh. Sejumlah atraksi seni-budaya setempat juga akan ditampilkan.

”Semoga ini bisa mengobati kerinduan para perantau yang kembali mudik di Banyuwangi,” kata Anas.

Selain itu, kata Anas, momen ini pun bisa jadi tempat menggalang solidaritas membangun daerah dan bertukar informasi. "Kami yakin banyak sekali putra daerah yang sukses, minimal mereka bisa tularkan kiat suksesnya. Atau mereka bisa ikut berkontribusi membangun daerah," ujarnya.

Acara ini, dipastikan akan dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya yang merupakan putra Bumi Blambangan. Selain itu, itu juga akan dihadiri sekitar 1.500 diaspora dari asal Banyuwangi dengan berlatar belakang profesi yang berbeda. Baik dari penjuru Indonesia maupu belahan dunia, seperti Jakarta, Bandung, Kalimantan, Bali, Mimika Papua, Malaysia, Taiwan, Hongkong hingga Australia.

”Termasuk untuk teman-teman Banyuwangi yang kebetulan menjadi TKI di luar negeri, akan ada yang hadir. Secara bertahap ke depan kami berharap Banyuwangi bisa tumbuh dengan baik secara ekonomi, sehingga semua warga bisa mencari nafkah di Banyuwangi,” ujar Anas.

Selain warga perantau, acara ini juga terbuka untuk warga Banyuwangi dan sekitarnya yang ingin bersilaturahmi. "Siapapun ayo datang. Ini kesempatan untuk saling berjejaring, saling membantu dan memberi manfaat,” ujar bupati berusia 43 tahun ini.

(FF/FF)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA