1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Besok Menkominfo akan launching Smart Kampung di kaki Gunung Ijen

Fokus ‎Smart Kampung adalah menjadikan kantor desa atau kelurahan sebagai pusat layanan publik .

Azwar Anas sedang menjelaskan Smart Kampung. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Senin, 30 Mei 2016 17:07

Merdeka.com, Banyuwangi - Setelah tiga bulan masa trial and error, ‎akhirnya Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur, melaunching program Smart Kampung di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Selasa (31/5) besok. Rencananya peresmian Smart Kampung di kaki Gunung Ijen ini akan dilakukan oleh Menteri Komuniasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara.

"Setelah tiga bulan masa trial and error, akhirnya kita launcing program Smart Kampung ini di Desa Kampung Anyar, desa di kaki Gunung Ijen," kata Bupati Abdullah Azwar Anas via telepon selulernya, Senin sore (30/5).

Anas melanjutkan, acara launching akan dilakukan sekitar pukul 14.00 WIB. Program Smart Kampung ini, bertujuan untuk efisiensi dan efektifitas serta sinergitas antara program pembangunan daerah dengan desa.

"Ini adalah inovasi dan terobosan baru pemerintah daerah dalam memberi pelayanan warga yang tinggal di desa," katanya.

Fokus ‎Smart Kampung adalah menjadikan kantor desa atau kelurahan sebagai pusat layanan publik (public service), pemberdayaan ekonomi dan edukasi kepada masyarakat. Syarat yang harus dipenuhi desa untuk menjadi Smart Kampung adalah kantor desa harus menyediakan sarana WiFi gratis bagi masyarakat, ada perpustakaan mini, ada toilet bersih dan lain sebagainya sebagai sarana penunjang.

"Salah satu indikator keberhasilan Smart Kampung adalah terwujudnya pemerintahan desa yang mampu melakukan sinergitas program pembangunan daerah dengan desa," katanya lagi.

Kemudian, terkait dengan pemberdayaan ekonomi, sarana internet yang dikelola desa diharapkan mampu menampilkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)‎ bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Baik UMKM itu sebagai pengenalan maupun pemasaran secara online bagi masyarakat yang membutuhkan. Sehingga produk-produk lokal bisa terangkat dan ekonomi masyarakat bisa terdongkrak dengan adanya Smart Kampung ini," kata Anas.

(FF/MA)
  1. Info Banyuwangi
  2. Smart Kampung
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA