1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Bupati Anas ajak Birokratnya tiru semangat atlet Indonesia di Asian Games

"Berkat kerja keras mereka, kini Indonesia bertengger di urutan ke empat klasemen perolehan medali," kata Anas.

Bupati Anas saat menghadiri acara Gebyar Merah Putih. ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Kamis, 30 Agustus 2018 14:19

Merdeka.com, Banyuwangi - Capaian Indonesia dalam perolehan medali emas di arena pertandingan terakbar di Asia ini, menjadi motivasi tersendiri bagi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Bupati Anas pun mengajak jajarannya untuk mencontoh semangat para atlet Indonesia yang telah berhasil melampaui target perolehan medali.

Hal itu diutarakan Bupati Anas di hadapan ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengikuti acara Gebyar Merah Putih di halaman kantor pemkab, Kamis (30/8).

Dalam kesempatan itu, Bupati Anas meminta agar para abdi negara meneladani spirit dan perjuangan para atlet Indonesia yang bertanding di laga Asian Games 2018. Datang dari berbagai latar belakang, para atlet ini memiliki motivasi yang sama untuk membela negeri. Dengan berbekal spirit dan kemauan yang kuat, mereka pun berhasil membanggakan Indonesia dalam laga Asian Games 2018.

"Berkat kerja keras mereka, kini Indonesia bertengger di urutan ke empat klasemen perolehan medali dengan 30 medali emas. Ini melampaui 16 emas yang ditargetkan. Hal ini menjadi spirit baru bagi kita semua," ujar Anas.

Anas pun mencontohkan kisah Rio Risky Darmawan, salah satu penyumbang emas dari cabor dayung. Meski lahir dari keluarga petani yang sangat sederhana, Rio tetap mampu berprestasi. Sama halnya dengan kisah Lalu M. Zohri, peraih medali emas pada kejuaraan dunia atletik U-20. Karena keterbatasan finansial keluarganya, Zohri latihan tanpa mengenakan alas kaki. Namun, imbuh Anas, dia bisa menjadi juara dunia lari 100 meter.

"Kuncinya adalah motivasi untuk berprestasi. Asal memiliki kemauan dan semangat yang tinggi siapa pun bisa berprestasi. Motivasi berprestasi ini lah yang harus diteladani ASN Banyuwangi. Jika semua PNS punya motivasi seperti ini, saya yakin Banyuwangi akan jauh lebih hebat," kata Anas.

Dalam Gebyar Merah Putih ini seluruh karyawan dan karyawati Pemkab Banyuwangi berbaur menjadi satu. Kostum bernuansa merah putih yang mereka kenakan menambah semarak suasana pagi itu di halaman kantor Pemkab Banyuwangi.

Acara ini diawali dengan senam pagi bersama dan dilanjutkan dengan aneka perlombaan. Mulai tarik tambang, bola voli, sunggi tampah, futsal, dan masih banyak lagi. Suasana pun langsung riuh dengan jerit dan tawa kegembiraan para abdi negara. Bahkan, Bupati Anas pun ikut tergoda dengan keseruan lomba-lomba tersebut. Spontan, bupati dua periode ini turut bergabung dengan para peserta bola voli. "Ayo smash..," katanya sambil mengumpan bola ke arah salah satu peserta.

Anas menjelaskan kegiatan ini tak hanya sekedar perayaan HUT kemerdekaan RI. Bagi dia, ini adalah salah satu sarana merefresh dan mempererat silaturahmi para PNS Banyuwangi dari seluruh instansi pemkab.

Selain bergembira mengikuti berbagai lomba, para PNS juga dimanjakan dengan hiburan dan kuliner. Mereka bisa menikmati aneka kuliner yang telah disediakan panitia. Ada bakso, siomay, nasi cawuk, nasi bakar, mie ayam, dan nasi kuning. Tersedia juga aneka minuman seperti es pisang hijau, dawet, es kelapa muda, dan es campur.

Acara ini juga menyediakan doorprize menarik. Di antaranya, kulkas, sepeda gunung, TV LED, kompor gas, dispenser, dan kipas angin.

(MT/MT)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA