1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Bupati Anas pantau pengembangan desa wisata sungai bersih

"Kaliploso ini juara menjaga sungai bersih. Jadi Banyuwangi sedang mendorong bagaimana desa bisa lebih kreatif".

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Selasa, 17 April 2018 16:08

Merdeka.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meninjau inovasi kreatif yang muncul dari Desa Kaliploso, Kecamatan Cluring. Warga di sepanjang sungai kompak menjaga kebersihan untuk pengembangan pasar kuliner tradisional dan lokasi pemancingan.

"Kaliploso ini juara menjaga sungai bersih. Jadi Banyuwangi sedang mendorong bagaimana desa bisa lebih kreatif. Saya sarankan untuk bikin pasar kuliner tradisional. Jadi tugas desa bukan hanya mengelola APBDes, tetapi juga mengelola pariwisata," ujar Anas, Selasa (17/4).

Saat Anas datang, puluhan anak-anak sekolah menyambut gembira dengan membawa papan bertuliskan 'cintai sungai, jangan buang sampah ke sungai, pungut sampah sekecilpun' dan slogan tentang menjaga kebersihan sungai.

Dalam kesempatan tersebut, Anas mengapresiasi karena di sepanjang sungai Kaliploso tidak terdapat bangunan di sekitarnya.

"Ini harus dijaga terus, tidak ada bangunan di sepanjang sekitar sungai. Kalau tidak dijaga bila ada bangunan pasti akan muncul sampah yang dibuang ke sungai. Biar ini jadi pemandangan yang bagus di halaman rumah yang jauh," kata dia.

Ke depan, kata Anas, desa-desa di seluruh Kabupaten Banyuwangi harus memiliki inovasi untuk mengembangkan potensi desanya.

Santoso, salah satu warga sekitar sungai Kaliploso mengaku senang karena warganya semakin kompak dengan adanya program kali bersih.

"Warga jadi rukun gotong royong, menanam bunga, dan ini rencananya akan dibuat pemancingan ikan," katanya.

(ES/MUA)
  1. Pariwisata
  2. Abdullah Azwar Anas
  3. Dana Desa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA