1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Ratusan pramuka parade aneka lampion di Banyuwangi

Pawai diawali aksi siswa-siswi berkebutuhan khusus dari Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) ‎Banyuwangi.

Pawai Lampion. ©2016 Merdeka.com Editor : Farah Fuadona | Senin, 15 Agustus 2016 14:51

Merdeka.com, Banyuwangi - Malam di Banyuwangi kembali meriah. Ada Pawai Lampion untuk memperingati HUT Pramuka ke 55. Gemerlap lampu bermacam bentuk pun menghiasi Tanah Blambangan di Minggu malam (14/8).

Ratusan pramuka pelajar sekolah di Banyuwangi berparade memeragakan aneka lampion di sepanjang jalanan Kota Banyuwangi. Ada lampion berbentuk kapal, pe‎sawat, Piala Adipura, dan aneka macam lampion lainnya.

Pawai lampion kali ini mengambil tema Bangun Karakter Kaum Muda dengan Kegiatan yang ‎Keren, Gembira dan Asyik‎. Jalanan pun terlihat menarik karena terlihat kerlap-kerlip lampu lampion dari kejauhan.

Parade lampion
© 2016 merdeka.com/Mochammad Andriansyah

Pawai diawali aksi siswa-siswi berkebutuhan khusus dari Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) ‎Banyuwangi. Pawai dilanjutkan oleh ratusan pramuka lainnya.

Pawai lampion yang dimulai sekitar pukul 19.30 WIB itu, dilepas Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiatmoko. Menurutnya, Banyuwangi mewajibkan siswa-siswi SD mengikuti ‎pramuka.

"Pramuka bisa membentuk karakter anak-anak yang positif. Dengan kegiatan-kegiatan yang keren, gembira, dan asyik seperti ini, diharapkan mampu membangun karakter anak-anak muda," kata Yusuf.

Yusuf menambahkan, Banyuwangi mengirimkan ‎kontingen pramuka untuk mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) ke 10 Tahun 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur. Ada 32 penggalang yang menjadi kontingen Jamnas.

Parade lampion
© 2016 merdeka.com/Mochammad Andriansyah

Pada Jamnas ini, imbuh Yusuf, Banyuwangi mendapatkan kesempatan istimewa, yakni menjadi wakil Jawa Timur untuk tampil mempertontonkan seni dan budaya khas Banyuwangi di ajang Jamnas.

"Total ada 42 peserta kontingen yang terlibat dalam jambore, mulai dari tim kesenian dan pameran yang ambil bagian dalam kegiatan ini. Berbagai tarian, instrumen serta seni membatik khas Banyuwangi akan dipertunjukkan," kata Yusuf.

Yusuf menambahkan kontingen Banyuwangi yang diberangkatkan itu merupakan Duta Banyuwangi. "Di ajang tersebut mereka adalah duta yang membawa nama Banyuwangi, selain juga teladan bagi anak-anak muda Banyuwangi," kata Yusuf.‎





(FF)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA