1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Survei baru: Cagub-cawagub terkuat didominasi Gus Ipul dan Azwar Anas

Kalau Pak Azwar Anas, selain untuk cagub, namanya muncul cukup kuat di posisi cawagub," kata Airlangga.

Cawagub Jatim Anas. ©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Kamis, 20 Juli 2017 16:42

Merdeka.com, Banyuwangi - Hasil survei terbaru Lembaga Riset The Initiative Institute untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur masih menempatkan Wagub Jatim Saifullah Yusuf dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sebagai cagub dan cawagub dengan elektabilitas tertinggi.

Direktur The Initiative Institute Airlangga Pribadi mengatakan, secara umum empat besar nama tokoh masih mendominasi wacana Pilgub Jatim, yaitu Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Mensos Khofifah Indar Parawansa, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

"Tiga nama cukup mendominasi untuk posisi cagub, yaitu Gus Ipul, Bu Khofifah, dan Bu Risma. Kalau Pak Azwar Anas, selain untuk cagub, namanya muncul cukup kuat di posisi cawagub," kata Airlangga dalam jumpa pers di Surabaya, Kamis (20/7).

Untuk popularitas, Khofifah berada di level 91,10 persen, Gus Ipul 88,40 persen, Risma 68,10 persen, dan Azwar Anas 14,80 persen. "Ini wajar karena keempat tokoh itu bisa dikatakan berada di level nasional. Gus Ipul incumbent dan mantan menteri. Khofifah ketua Muslimat NU dan sekarang menteri. Risma dan Anas memang kiprahnya di daerah, tapi gaungnya nasional karena terkenal sebagai kepala daerah berprestasi," ujarnya.

Dari sisi elektabilitas cagub, Gus Ipul mendapatkan 44,6 persen, Khofifah 37,3 persen, Risma 18,1 persen, dan Anas 4,4 persen. Sedangkan elektabilitas cawagub, posisi tertinggi dipegang Anas dengan elektabilitas 34,35 persen, lalu Musyaffa Noer dan Budi Sulistyo masing-masing di kisaran 19 persen.

"Di posisi cagub, jarak antara nomor satu dan dua hanya satu digit. Sedangkan di posisi cawagub, marjinnya cukup tebal, sampai tembus dua digit. Artinya, pertarungan cagub bakal sangat ketat, dan variabel cawagub akan sangat berpengaruh menentukan pemenang Pilgub Jatim mendatang," ujar Airlangga.

Survei tersebut digelar pada 15-30 Juni 2017 di 114 desa/kelurahan di 38 kabupaten/kota se-Jatim dengan jumlah responden 1140 orang. Tingkat kepercayaan survei 95 persen, dan margin of error 3,2 persen.

(MT/MT)
  1. Abdullah Azwar Anas
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA