1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Mau snorkeling? Ini paket harga menikmati bawah laut Pantai Watu Dodol

"Jenis karangnya, ada tenois, terus suwarsono, minipora, monte, monte cabang. Kisaran jumlahnya ada ratusan," kata Mustofa.

Snorkeling di Pantai Watu Dodol Banyuwangi. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Jum'at, 16 September 2016 11:43

Merdeka.com, Banyuwangi - Bagi pecinta destinasi wisata pantai, Anda perlu mencoba keindahan pesona bawah laut Grand Watu Dodol (GWD). Selain di Bangsring Under Water, di GWD juga menyediakan fasilitas snorkeling, diving dan paket wisata naik perahu, menyusuri Selat Bali menuju pulau Menjangan dan Tabuhan.

Wisata yang berada di Dusun Paras Putih, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi ini, akan menyajikan panorama bawah laut yang dipenuhi terumbu karang, koloni soft coral dan aneka ikan hias. Cukup di kedalaman sekitar satu meter.

"Jenis karangnya, ada tenois, terus suwarsono, minipora, monte, monte cabang. Kisaran jumlahnya ada ratusan. Rata-rata di sini karang jahe, panjang-panjang. Itu khasnya watu dodol," ujar Mustofa (43) salah satu nelayan yang saat ini menjadi pengawas terumbu karang kepada Merdeka Banyuwangi beberapa waktu lalu.

Mulai November 2015, kawasan snorkeling pantai GWD sudah ditetapkan menjadi wilayah konservasi seluas 3 kilometer kali 100 meter. Bermula dari kesadaran nelayan melihat banyak terumbu karang yang rusak dan ikan mulai sepi akibat aktivitas penangkapan menggunakan potasium.

"Baru delapan bulanan terakhir, para nelayan sepakat membuat kelompok Pokmaswas Pesona Bahari," ujar Abdul Azis (42) koordinator pantai GWD sekaligus Ketua Pokmaswas Pesona Bahari.

Saat ini terumbu karang serta ikan-ikan di GWD sudah kembali. Pengunjung bisa menikmati upaya konservasi nelayan dengan harga terjangkau. Harga sewa alat snorkeling, pengunjung cukup Rp 25 ribu. Kemudian membayar untuk jasa pemandu snorkeling Rp 25 ribu juga.

Pengunjung yang mau snorkeling, kata Azis, memang harus menyewa pemandu. Selain untuk keselamatan pengunjung dan informan, juga untuk menjaga agar tidak merusak terumbu karang.

"Soalnya karang itu kalau kena sentuh, misalkan terinjak bisa rusak. Stres, gak mau tumbuh. Jadi harus pakai pemandu. Satu pemandu untuk 2 orang," paparnya.

Azis mengatakan, pertumbuhan terumbu karang terbilang cukup lama. Ada yang satu tahun tumbuh 3 sentimeter, ada juga hanya 1 sentimeter. "Kalau untuk karang batu penunggul, atau panca warna itu satu tahun hanya satu sentimeter. Itu paling subur kalau karang jahe dalam sebulan bisa 3 sentimeter," paparnya.

Bila ingin diving menggunakan tabung oksigen, perlu tambahan biaya senilai Rp 350 ribu. Sementara kalau menyeberang ke Pulau Menjangan Rp 1,8 juta untuk 10 orang. Kalau ingin menyewa kapal kecil untuk enam orang cukup dengan uang Rp 1,2 juta.

Fasilitasnya, pengunjung akan mendapat tiket masuk Pulau Menjangan, makan siang, alat snorkeling.
Sedangkan bila ingin ke Pulau Tabuhan, pengunjung dibanderol harga Rp 900 ribu untuk kapal kapasitas 10 orang. "Itu harganya sudah kesepakatan kelompok nelayan bersama," ujarnya.

(MT/MUA)
  1. Pariwisata
  2. Pariwisata Pantai
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA