1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Anas ajak pendeta berpartisipasi aktif dalam pembangunan

"Banyuwangi ini telah menjadi daerah yang penuh kedamaian, di mana para pemeluk agamanya saling menghormati," ujar Anas.

Abdullah Azwar Anas . ©2016 Merdeka.com Editor : Farah Fuadona | Rabu, 21 Desember 2016 10:22

Merdeka.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengapresiasi sekaligus mengajak para pendeta untuk terus berpartisipasi aktif dalam pembangunan daerah dengan cara mengajak seluruh umat ikut merasa memiliki dan merawat wilayahnya. Pendeta bisa mengajak umatnya untuk ikut merasa memiliki daerah. Sehingga mendukung program-program pengembangan yang dilakukan pemerintah daerah, termasuk peran menjaga kerukunan antar umat beragama.
     
"Atas nama pemerintah daerah, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para pemuka agama, termasuk para pendeta. Sinergi dan kerukunan antar elemen masyarakat ini penting sebagai bekal membangun daerah," ujar Anas saat menghadiri pertemuan dengan umat Kristiani dalam rangka persiapan Hari Natal di Wisma Zaitun, Banyuwangi, seperti dilansir dari Antara.
     
Pertemuan tersebut dihadiri Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Pendeta Anang Sulihtiyanto, Pastur Paroki Banyuwangi Pastur Aang, serta para pendeta se-Banyuwangi.
     
Anas mengatakan, Banyuwangi terus berbenah melakukan berbagai pembangunan untuk memajukan daerah. Hal ini tidak mungkin dilakukan oleh pemerintah daerah tanpa dukungan dari para pemuka agama.
     
"Banyuwangi ini telah menjadi daerah yang penuh kedamaian, di mana para pemeluk agamanya saling menghormati. Ini tidak lepas dari peran para pemuka agama yang memberikan nasihat baik kepada umatnya. Saya minta agar hal ini bisa terus terjaga di Banyuwangi," katanya.
     
Anas melanjutkan, dalam periode kedua kepemimpinannya ini, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, salah satunya masalah kependudukan. Setiap tahunnya di Banyuwangi lahir 23 ribu bayi yang menjadi penduduk baru. Hal ini membawa konsekuensi bagi munculnya pemenuhan kebutuhan makanan, sandang, kesehatan, pendidikan hingga lapangan kerja.
     
"Agar semua bisa berjalan dengan baik, perekonomian daerah terus berjalan dengan sehat. Kondisi Banyuwangi yang kondusif harus terus terjaga. Itu adalah tugas kita bersama dalam mewujudkannya," ujar Anas.
     
Untuk itu Anas meminta para pemuka agar ikut mendukung pembangunan daerah dengan menyampaikan berbagai kebijakan pemerintah tersebut kepada umat masing-masing. "Kami mohon para pendeta bisa ikut menyampaikan kebijakan pemerintah dalam setiap khotbahnya. Sehingga Banyuwangi bisa maju dan damai bagi seluruh rakyat," kata Anas.
     
Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Pendeta Anang Sulihtiyanto mengatakan pihaknya bersama umat Kristiani mengapresiasi sikap Pemkab Banyuwangi yang selama ini selalu mendukung terwujudnya kerukunan antar umat beragama.
     
"Kami senang karena selalu diajak ngomong, dilibatkan. Ini penting karena kami bisa menyampaikan ke umat apa-apa yang menjadi program pemerintah," ujarnya.
     
Anang berharap, komunikasi yang baik ini bisa terus dijalin dan ditingkatkan. "Umat senang karena pemerintah daerah tidak membeda-bedakan agama, semuanya rukun. Aspirasi kami pun sering diterima," kata dia.

(FF)
  1. Info Banyuwangi
  2. Abdullah Azwar Anas
  3. Kegiatan Masyarakat
  4. Kerukukan Umat Beragama
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA