1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Azwar Anas merinding dengar 'Yaa Lal Wathan' bergema

"Luar biasa ratusan ribu warga NU mengobarkan semangat cinta tanah air. Merinding dengarnya," ujar Anas di akun Instagramnya @azwaranas.a3.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. ©2017 Merdeka.com Reporter : Farah Fuadona | Minggu, 09 April 2017 14:57

Merdeka.com, Banyuwangi - Istighotsah Kubro sukses digelar Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (9/4). Istighotsah yang dihadiri ratusan ribu nahdliyin itu berlangsung khidmat untuk mendoakan keselamatan bangsa. Tampak ratusan ribu warga NU kompak menyanyikan lagu "Yaa Lal Wathan". Lautan manusia menggemakan lagu yang kerap diputar di acara-acara NU tersebut.

"Luar biasa ratusan ribu warga NU mengobarkan semangat cinta tanah air. Merinding dengarnya," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang sempat merekam dan mengunggah video momen tersebut di akun Instagramnya @azwaranas.a3.

Lagu "Syubbanul Wathan" atau "Yaa Lal Wathan" adalah ciptaan kiai kharismatik dan salah seorang pendiri NU, KH. Wahab Hasbullah pada 1934. Lagu tersebut berisi anjuran cinta kepada tanah air, membela bangsa dari segala macam tantangan dan rongrongan.

Menurut Anas yang juga mantan ketua umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), saat ini bangsa Indonesia menghadapi sejumlah tantangan, di antaranya tenun kebangsaan yang berpotensi tercerai-berai. Dia menyebut upaya merongrong Indonesia tidak akan berhasil, karena negeri ini terus dijaga oleh orang-orang di dalamnya, termasuk warga NU.

"Kami sebagai warga NU manut, tunduk taat, samina wa athona kepada kiai-kiai yang selalu memerintahkan untuk menjaga bangsa, menjaga NKRI," ujar Anas yang juga ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur tersebut.

(FF/FF)
  1. Abdullah Azwar Anas
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA