1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Di situs Banyuwangi Mall, beras merah organik laris manis

"Beras ‎organik ini sudah mendapat sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman (LeSOS)," kata Alief.

Banyuwangi Mall. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Senin, 25 April 2016 15:50

Merdeka.com, Banyuwangi - Beras organik yang dikembangkan Banyuwangi, Jawa Timur, mulai diburu pembeli sejak dipasarkan melalui situs Digital Market Place: www.banyuwangi-mall.com. Sejumlah pesanan melalui situs belanja online ini, datang dari Jakarta, Bandung, Surabaya dan Malang.

Dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Banyuwangi, Alief Rahman Kartiono, beras organik yang tengah dikembangkan ini dikelola oleh salah satu UMKM di Banyuwangi,

Memang, kata Alief, sebelum diunggah di situs www.banyuwangi-mall.com, beras organik yang dikelola kelompok tani di Desa Sumber Baru, Kecamatan Singojuruh ini, telah memenuhi standar kesehatan dan telah diekspor ke beberapa negara seperti Amerika, Qatar dan Belanda.

"Beras ‎organik ini sudah mendapat sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman (LeSOS). Beras organik di Banyuwangi, telah dinyatakan aman konsumsi, bebas pestisida dan pupuk kimia berdasarkan pedoman SNI 67259-2013 dan Dokumen Internal Control System (ICS)," kata Alief, Senin (25/4).

‎LeSOS merupakan lembaga di Indonesia yang berhak melakukan investigasi, mengeluarkan sertifikat dan label organik untuk berbagai macam produk organik, petani dan kelompok tani, koperasi, perusahaan dan lain-lain yang telah memenuhi persyaratan.

"Oleh karena itu, tidak heran jika cukup banyak dipesan. Dan ‎hari ini (25/4), teman-teman di Rumah Kreatif UMKM Banyuwangi juga sedang memproses pesanan beras organik untuk dikirim ke Jakarta dan Surabaya," katanya.

Rumah Kreatif UMKM sendiri adalah pusat operasional situs market place, ‎ya‎ng sekaligus menjadi pusat pelatihan, perbaikan foto produk, dan desain kemasan produk bagi UMKM di Banyuwangi.

Alief menjelaskan, ada tiga jenis beras organik yang dipasarkan di banyuwangi-mall.com, yaitu beras hitam, beras merah dan beras organik. "Yang paling laris beras merah. Puluhan kilogram dipesan tiap hari," ungkap Alief lagi.

Alief menambahkan, di situs Banyuwangi Mall ini, juga ikut dipaparkan keunggulan dari beras merah organik. Untuk menyusunnya, selain dari beberapa riset, Dinas Kesehatan Banyuwangi juga dilibatkan untuk memaparkan keunggulan kandungan beras merah organik.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Widji Lestariono menyampaikan, dari berbagai riset, beras merah organik juga terbukti secara medis bisa meningkatkan kecerdasan otak pada anak-anak, mengontrol kadar gula, menghambat radikal bebas penyebab kanker, mengurangi keakutan asma dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Selain itu, lanjut Widji, ‎Beras organik ini juga bisa mengurangi risiko serangan jantung, stroke, mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan hormon pertumbuhan.

"Jika dibandingkan dengan beras putih biasa, beras merah organik per 50 gram mempunyai kandungan protein dua kali lebih tinggi. Kandungan lemaknya juga dua kali lebih rendah, serta memiliki serat tiga kali lebih tinggi. Beras organik juga mengandung vitamin B, E, dan zat besi," terang Widji.

(MT/MA)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA