1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Festival Ngopi Sepuluh Ewu dorong perekonomian warga Banyuwangi

Senang sekali, berkat pariwisata Banyuwangi semakin berkembang, usaha kami juga ikut terangkat,” kata Jajang.

Jajang Nuryaman. ©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Minggu, 06 November 2016 21:12

Merdeka.com, Banyuwangi - Festival kopi bertajuk Festival Ngopi Sepuluh Ewu di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Selain berhasil mengangkat pamor kopi asal kota berjuluk The Sunrise of Java, festival tersebut sekaligus mengangkat perekonomian petani kopi setempat.

Adalah Jajang Nuryaman (25), salah satu wirausahawan kopi asal Desa Kampung Anyar Kecamatan Glagah Banyuwangi yang turut meraup keuntungan dari festival ini. “Alhamdulillah, kopi saya semakin laris. Sejak ada festival ngopi, penjualan kami naik 50 persen dari sebelumnya,” kata pemilik merek Traditional Coffee Manjehe itu.

Jajang menceritakan bisnis yang tengah dia geluti saat ini merupakan usaha keluarga yang telah dirintis sang ayah sejak 11 tahun silam. Kala itu, ayahnya hanya melayani pemesanan bubuk kopi untuk warga lokal Banyuwangi. Dalam sebulan, kopi yang dijual ayahnya sebanyak 8 kilogram bubuk kopi dalam kemasan plastik sederhana. Kopinya diambil dari perkebunan Kalibendo, yang terletak di lereng kaki Gunung Ijen.

Menurut Jajang, ayahnya juga adalah seorang roaster (penyangrai kopi) tradisional yang handal. Banyak warga membeli kopi ke ayahnya, lantaran cita rasanya yang nikmat karena ayahnya dinilai menguasai teknik menyangrai kopi yang tepat.

“Orang-orang bilang kopi ayah enak. Saya pun berpikir kenapa tidak mengembangkan bisnis ini. Teman-teman juga menyemangati saya agar meneruskan usaha ayah. Dari sanalah, saya tertarik untuk terjun ke bisnis kopi, apalagi sekarang ada festival ngopi yang membuat kopi Banyuwangi semakin diminati,” ujar Jajang.

Jajang pun akhirnya memutuskan mulai mengembangkan usaha orangtuanya sejak dua tahun lalu. Pertimbangannya seiring pamor kopi Banyuwangi yang mulai naik, perkembangan wisata Banyuwangi yang juga semakin meningkat otomatis akan akan menumbuhkan pasar baru bagi kopi Banyuwangi.

Hal pertama yang dlakukan Jajang adalah melakukan pengemasan produknya meningkatkan nilai jual produk agar bisa bersaing dengan yang lain. Kopi olahannya lalu di-brand Manjene, dengan packaging yang lebih atraktif dan higienis.

Selain melakukan pengemasan yang menarik, Jajang pun memastikan kualitas produknya. “Rasanya saya jamin enak, karena kami memiliki teknik penyangraian yang berbeda. Kami perhatikan semuanya, mulai dari suhu, tingkat kematangan, hingga bahan bakarnya. Kami menyangrainya pakai kayu bakar, bukan kompor. Kayunya pun bukan kayu sembarangan, tapi ada jenis-jenis tertentu, sehingga dihasilkan kopi yang enak dan harum,” katanya.

Ada tujuh varian kopi yang dijual yakni Kopi Arabica, Robusta, Kopi Lanang Robusta, Kopi Lanang Arabica, Kopi Luwak, Houseblend Arabica dan Robusta, serta Houseblend Robusta dan Eselsa. “Biji kopinya kami beli dari petani kopi di seluruh Banyuwangi, jadi benar-benar kopi khas Banyuwangi,” ujar dia.

Hasilnya pun nyata. Pasar kopinya meluas, tak hanya dijual di toko milik keluarga, tapi juga di sejumlah distro di sekitar Banyuwangi dan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Kampung Anyar. Tak hanya itu, Jajang juga mulai menawarkan produknya melalui media sosial seperti BBM, Whatsapp, Facebook, Instagram, Line dan Path.

“Sekarang yang beli kopi Manjene bukan hanya warga lokal, tapi juga wisatawan domestik dan turis asing yang sedang berlibur ke Banyuwangi. Senang sekali, berkat pariwisata Banyuwangi semakin berkembang, usaha kami juga ikut terangkat,” kata dia bersemangat.

Saat ini dalam sebulan dia mampu menjual minim sebanyak 60 pack bubuk kopi yang setiap pack nya berisi 250 gram. Setiap pack dipatok dengan harga yang bervariasi sesuai dengan jenisnya. Misalnya untuk Kopi Arabica dia mematok Rp 45 ribu per pack, Robusta Rp 30 ribu, Kopi Lanang Robusta Rp 45 ribu, Kopi Lanang Arabica Rp 60 ribu, dan Kopi Luwak Rp 250 ribu.

Banyuwangi sendiri memproduksi kopi 9 ribu ton per tahun. Kopi yang diproduksi terdiri dari 90 persen jenis robusta dan 10 persen jenis arabica. Data mencatat produksi kopi di Banyuwangi mencapai 8.047 ton pada 2015, meningkat dari tahun 2014 yang 7.992 ton. Angka produktivitasnya mencapai 19,49 kwintal per hektar.

 

(FF/SR)
  1. Info Banyuwangi
  2. Festival Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA