1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Gerakan Indonesia Melayani, Menko PMK berikan penghargaan pada 8 MPP

"Ini menunjukkan revolusi mental secara perlahan tapi pasti sudah dilaksanakan setiap masyarakat, mulai dari pusat dan daerah".

Mal Pelayanan Publik. ©2018 Merdeka.com Editor : Endang Saputra | Minggu, 28 Oktober 2018 16:58

Merdeka.com, Banyuwangi - Delapan Mal Pelayanan Publik (MPP) mendapatkan penghargaan dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dalam Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental (PKNRM) di Lapangan ex KONI, Manado, Jumat (26/10). MPP Denpasar menjadi salah satu daerah yang memperoleh penghargaan atas komitmen untuk mengimplementasikan MPP sebagai wujud nyata Gerakan Indonesia Melayani (GIM) menuju pelayanan publik kelas dunia.

Menteri Koordinator Bidang PMK Puan Maharani usai menyerahkan penghargaan menyatakan bahwa hadirnya MPP dinilai merupakan salah satu wujud revolusi mental dalam program Gerakan Indonesia Melayani (GIM). Kedelapan daerah yang mendapatkan penghargaan antara lain Provinsi DKI Jakarta, Kota Surabaya, Kota Batam, Kabupaten Banyuwangi, Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kota Tomohon, dan Kabupaten Karangasem.

"Ini menunjukkan revolusi mental secara perlahan tapi pasti sudah dilaksanakan setiap masyarakat, mulai dari pusat dan daerah. Atas nama pemerintah, saya sampaikan apresiasi atas berbagai inovasi pelayanan publik yang telah dilaksanakan," ujar Puan dalam keterangan tertulis, Minggu (28/10).

Lebih lanjut dikatakan berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental itu, Kementerian PANRB mendapat tugas untuk mengoordinasikan Program Gerakan Nasional Indonesia Melayani. Pada dasarnya, MPP adalah pengintegrasian berbagai layanan dari daerah dengan berbagai pelayanan publik instansi pemerintah pusat, BUMN dan kalau mungkin swasta. Dengan sistem yang modern dan terintegrasi, diharapkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat, aman, transparan, dan efisien.

Sementara Kadis Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Denpasar, I Made Kusumadiputra, mengatakan bahwa saat ini MPP Sewaka Dharma Kota Denpasar secara keseluruhan memberikan fasililitas 154 jenis terdiri dari 12 sektor perijinan dan non perijinan yang berada dibawah naungan DPMPTSP Kota Denpasar.

Selain itu, kata I Made MPP Sewaka Dharma turut memberikan fasilitas 41 jenis layanan dari instansi vertical. Adapun instansi vertikal yang bergabung meliputi Kepolisian Republik Indonesia melayani perpanjangan SIM A dan C, SKCK dan surat keterangan kehilangan, perbankan, PLN, PDAM, BPJS, Kantor Pajak, Imigrasi, dan Badan Pertanahan Nasional. MPP Denpasar terus berinovasi guna menciptakan kenyamanan masyarakat dan pengguna MPP, turut dioperasikan sistem antrean serta pendaftaran online di Disdukcapil dan Pelayanan SIM. Sedangkan pada Pelayanan Perizinan, serta pelayanan lainnya sudah terlebih dahulu menerapkan sistem online. Disamping itu penerapan tandatangan berbasis elektronik telah dilaksanakan pada izin kesehatan khususnya surat izin praktik perawat, surat izin praktik bidan, surat izin praktik elektromedik, surat izin praktik fisioterapi, dan surat izin perawat gigi dan mulut yang penerapan tandatangan elektronik.

(ES) Laporan: Ahmad Suudi
  1. Pelayanan Publik
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA