1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Ke Banyuwangi, Moeldoko ingin bikin kajian tata kelola pemerintahan

"Saya ingin jadikan ini sebagai kajian untuk merumuskan cara mengelola sebuah daerah yang mengutamakan efisiensi dan efektivitas".

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. ©2018 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Rabu, 04 April 2018 18:23

Merdeka.com, Banyuwangi - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko berkunjung ke Banyuwangi, Rabu (4/4). Dalam kunjungan tersebut, Moeldoko sempat mengunjungi Mal Pelayanan Publik dan Lounge Pelayanan Publik. Kedatangan Moeldoko disambut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Moeldoko menyempatkan diri menjelajahi tata kelola pemerintahan Banyuwangi yang terpampang jelas di layar komputer. Mantan panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu melihat sejumlah sistem berbasis teknologi informasi, mulai dari e-village budgeting yang mengatur pengelolaan anggaran desa dan e-monitoring system untuk memantau berbagai program pembangunan. Di e-monitoring system, Moeldoko mengamati perkembangan sejumlah proyek pembangunan yang dipaparkan lengkap dengan foto dan titik koordinat yang tinggal diklik, sehingga mustahil ada proyek ganda atau fiktif.

Di tempat yang sama, Moeldoko juga mengamati data digital berbasis geospasial yang berisi berbagai inovasi penanggulangan kemiskinan. Di antaranya, program rantang kasih yang memberikan makanan bergizi bagi lansia dan beasiswa bagi siswa berprestasi kurang mampu.

"Kita lihat di sini sudah efektif dan efisien ya pengelolaannya. Masyarakat juga bisa melihat, mengontrol dan memonitor. Inilah model good governance yang bagus, dan harus ditingkatkan. Daerah-daerah harus terus berbenah maju," kata Moeldoko.

Mantan kepala staf TNI Angkatan Darat itu pun berniat akan menjadikan hal tersebut sebagai bahan kajiannya bersama kepala daerah lain.

"Saya ingin jadikan ini sebagai kajian untuk merumuskan cara mengelola sebuah daerah yang mengutamakan efisiensi dan efektivitas," kata dia.

Moeldoko juga meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP) Banyuwangi yang merupakan MPP pertama di Indonesia yang dikelola pemerintah setingkat kabupaten. Di sana, dia pun sempat menyerahkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), KTP elektronik, surat izin kerja perawat, dan akta kelahiran yang telah rampung kepada warga yang mengurus.

"Ini juga mencerminkan pelayanan yang efektif dan efisien. Masyarakat bisa mengurus dokumen cukup di satu tempat. Prosesnya pun cepat dan tidak ribet. Tadi saya sudah tanya ke warga, dan relatif memuaskan," ujarnya.

Sebelum bertolak kembali ke ibukota, Moeldoko juga menyempatkan diri mengunjungi pendopo kabupaten dan mencicipi kuliner khas Banyuwangi.

(ES/ES)
  1. Info Kota
  2. Pariwisata
  3. Abdullah Azwar Anas
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA