1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Rini ingin Banyuwangi terkoneksi dengan tol Trans Sumatera-Jawa

Saat ini pemerintah tengah membangun jalan tol lintas Sumatera-Jawa yang ditargetkan selesai Tahun 2018.

Jokowi dan Rini Soemarno. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Kamis, 21 April 2016 16:20

Merdeka.com, Banyuwangi - Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Rini Soemarno ingin pengerjaan jalan tol yang menghubungkan Banyuwangi-Probolinggi bisa diselesaikan pada 2019. Dengan adanya jalan tol ini, kabupaten yang memiliki julukan the Sunrise of Java bisa segera terkoneksi dengan Tol Sumatera-Jawa, "Kami berharap di Tahun 2019 nanti Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi bisa segera terealisasikan," kata Menteri Rini dalam kunjungan kerja ke Bumi Blambangan.

Menurutnya saat ini pemerintah tengah konsentrasi membangun jalan tol lintas Sumatera-Jawa dditargetkan selesai Tahun 2018. Dalam empat tahun kedepan pemerintah telah menargetkan menghubungkan Palembang, Provinsi Sumatera Selatan dengan Banyuwangi di Jawa Timur melalui jalan tol. “Untuk itu, pemerintah ingin melakukan percepatan pembangunan jalan tol ini. Arahan dari Bapak Presiden (Joko Wdidodo) kalau swasta lambat, BUMN harus masuk ke situ (ambil alih proyek pembanguan jalan tol),” ujar Rini.

Sementara jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan seluruh kota yang ada di tanah jawa diharapkan pengerjaanya selesai dalam waktu dekat. Jalan tol sepanjang 615 kilometer ini terbagi beberapa ruas, yaitu Tol Cikampek-Palimanan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, Mojokerto-Surabaya, serta Surabaya-Pasuruan.
 
Jalan tol Trans Sumatera sendiri rangkaiannya mencapai 2.600 kilometer yang menghubungkan wilayah Bakauheni, Lampung hingga Banda Aceh. Ruas jalan tol itu terdiri dari Jalan Tol Bandar Lampung–Palembang dengan panjang 358 kilometer, Palembang–Pekanbaru 610 kilometer, Pekanbaru-Medan 548 kilometer, serta Medan-Banda Aceh 60 kilometer, Palembang-Bengkulu 303 kilometer, Pekanbaru-Padang 242 kilometer dan Medan-Sibolga 175 kilometer.

Rini menambahkan pembangunan tol Trans Sumatera-Jawa tidak hanya yang hanya sampai di Kota Pasuruan, Jawa Timur saja. Tetapi juga akan menghubungkan Tol Pasuruan-‎Probolinggo dan Probolinggo-Banyuwangi.

“Apalagi di Banyuwangi ada PTPN VIII yang memiliki lahan seluas 500 hektare. Lahan ini akan dijadikan kawasan industri. "Jadi kita bisa naik mobil menelusuri Palembang hingga Banyuwangi lewat jalan tol ini nantinya," ujar Menteri Rini.

(FF/MA)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA