1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Sebelum balapan, peserta ITdBI 2016 diajak melepas tukik di pantai

"Jadi nanti pada H-1 para pembalap, kita ajak melepas tukik di Pantai Boom," kata ‎Kabid Olahraga Dispora Banyuwangi, Dwi.

©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Rabu, 27 April 2016 15:55

Merdeka.com, Banyuwangi - Kompetisi International Tour de Banyuwan Ijen (ITdBI) 2016 siap digeber 11 hingga 14 Mei mendatang. Satu hari sebelum acara (H-1) ratusan peserta event dan masyarakat umum akan diajak melepas tukik (anak penyu) di Pantai Boom, Kecamatan Banyuwangi Kota.

Usai melepas tukik bersama-sama, mereka akan diajak bersepeda santai sepanjang 10 kilometer mulai dari Pantai B‎oom, keliling kota dan finish di Taman Blambangan (TB). Selanjutnya para pembalap akan mengikuti open ceremony ITdBI di Taman Blambangan bersama Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda).

"Jadi nanti pada H-1 para pembalap, kita ajak melepas tukik di Pantai Boom. Selanjutnya bersepeda santai. Para pembalap kita ajak cycling for all bersama masyarakat mengelilingi kota sejauh 10 kilometer," kata ‎Kabid Olahraga Dispora Banyuwangi, Dwi Marhain Yono di selah cek rute, Rabu (27/4).

Menurut Marhain karena konsep ITdBI adalah sport tourisme usai acara atau pada penutupannya nanti para pembalap yang terbagi dalam 20 tim dari 28 negara itu akan diajak city tour ke tempat-tempat wisata yang ada di Bumi Blambangan. "Clossing ‎ceremony-nya para pembalap akan kita ajak berkeliling wisata yang ada di Banyuwangi," ujarnya.

ITdBI tahun ini akan menempuh empat etape dengan jarak 567 kilometer bertambah 12 kilometer dari tahun sebelumnya yaitu 567 kilometer. Empat etape itu antara lain, stage pertama mengambil start di Wisata Waduk Sidodadi, Kecamatan Glenmore-TB dengan jarak tempuh 171,4 kilometer, etape kedua, RTH Maron Genteng-TB 145,7 kilometer. Kemudiaan etape ketiga Grand New Watu Dodol-TB 126,9 kilometer dan stage keempat Pelabuhan Muncar-Paltuding Ijen 123 kilometer.

‎Dari empat etape ini, ada dua wisata baru yaitu Wisata Waduk Sidodadi dan Grand New Watu Dodol yang menjadi lokasi ITdBI 2016. Dan di event yang menjadi salah satu rangkaian Banyuwangi Festival (B-Fest) dua wisata baru di kabupaten berjuluk the Sunrise of Java tersebut, menggunakan ITdBI sebagai sarana promosi gratis.

(FF/MA)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA