1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Pemkab Banyuwangi manfaatkan ITdBI 2016 untuk promosi wisata baru

Harapannya para pembalap dari sejumlah negara ini bisa berfoto-foto kemudian mempromosikannya di akun medsos mereka.

Warung wisata Sidodadi. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Rabu, 27 April 2016 14:58

Merdeka.com, Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan mempromosikan dua destinasi wisata baru, yaitu Wisata Waduk Sidodadi dan Grand New Watu Dodol, Kecamatan Kalipuro. Promosi ini dilakukan melalui rangkaian acara International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI)

Gelaran ITdBI merupakan event tahunan dari rangkaian Banyuwangi Festival (B-Fest) yang diadakan setiap tahunnya. Start ITdBI 2016 dimulai dari Wisata Waduk Sidodadi, Kecamatan Glenmore etape pertama memiliki jarak tempuh 171,4 kilometer dan berakhir di Taman Blambangan (TB).  

Salah satu lintasan Tour de Banyuwangi
© 2016 merdeka.com/Mochammad Andriansyah

Selanjutnya di etape kedua, start di RTH Maron Genteng dan finish di TB dengan jarak tempuh 145,7 kilometer. Kemudian etape ketiga Grand New Watu Dodol-TB 126,9 kilometer dan berlanjut ke Sirkuit Race, Kecamatan Muncar. Stage empat dimulai dari Pelabuhan Muncar dan finish di Paltuding Ijen 123 kilometer.

Dari semua lokasi wisata tersebut, ‎hanya Wisata Waduk Sidodadi dan Grand New Watu Dodol yang merupakan lokasi wisata baru sekaligus kali pertama menjadi tempat ITdBI. ‎Kenapa harus menggunakan dua destinasi wisata ini?

"Tendensi kita di ITdBI ini untuk tourisme, jadi bukan murni sport," kata Kabid Olahraga Dispora Banyuwangi, Dwi Marhain Yono di sela cek rute, Rabu (27/4).

Pada ITdBI tahun ini pihaknya memang sengaja memilih destinsi wisata baru untuk start. "Motivasinya agar infrastruktur di dua lokasi wisata baru bisa cepat dan segera diselesaikan," ucapnya.

Banner Tour de Banyuwangi
© 2016 merdeka.com/Mochammad Andriansyah

Harapannya nanti para pembalap dari 28 negara yang ikut ITdBI ini bisa berfoto-foto, kemudian mempromosikannya di akun media sosial (medsos) mereka masing-masing.

"Jadi ini sengaja untuk promosi gratis destinasi wisata baru di Banyuwangi. Dengan mereka (para pembalap) berfoto-foto di lokasi wisata tentu akan mempromosikannnya baik melalui Twitter maupun Facebook pribadi mereka," ujar Marhain

(FF/MA)
  1. Tour de Banyuwangi Ijen
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA