1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Sholat tarawih bersama, Anas ajak warga tanamkan nilai Pancasila

Pancasila tidak bertentangan dengan ajaran agama manapun. Bahkan dalam Pancasila ada nilai-nilai ukhuwah islamiyah dan ukhuwah basariyah.

Kultum Safari Ramadan. ©2017 Merdeka.com Reporter : Farah Fuadona | Kamis, 01 Juni 2017 00:51

Merdeka.com, Banyuwangi - Bersama ratusan warga Desa Kesilir, Kecamatan Siliragung, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melakukan ibadah solat terawih berjamaah. Usai melaksanakan terawih Anas memberikan kultum mengenai makna dari hari kelahiran Pancasila yang dperingati setiap tanggal 1 Juni. Dalam ceramahnya Anas mengajak masyarakat untuk tetap bersikap luhur kepada sesama manusia.

"Bertepatan dengan malam yang berkah ini di hari kelima bulan Ramadhan dan malam peringatan hari kelahiran Pancasila. Saya mengajak semua warga untuk terus menjaga kebhinekaan di tengah maraknya isu memecah belah bangsa," ujar Anas saat kultum di Masjid Nurul Huda, Rabu (31/5).

Terutama kepada pemuda di Banyuwangi, Anas meminta agar tidak mudah terprovokasi dengan konten-konten di media sosial yang banyak menyebarkan ujaran kebencian serta fitnah kepada tokoh, pejabat serta pemangku agama.

"Saat ini fitnah sangat mudah dilakukan dan tersebar dengan cepat. Tidak seperti dulu perlu beberapa hari untuk tersebar karena medianya cuma dari mulut ke mulut. Kalau sekarang lewat postingan video di Youtube dalam hitungan jam saja sudah ribuan yang lihat," kata dia.

Anas heran saat ini makin banyak orang yang bangga menjadi pefitnah melalui media sosial. Mereka tak malu lagi memposting berulang-ulang fitnah untuk menjatuhkan tokoh yang mereka tidak sukai, "Saya harap warga Banyuwangi dijauhkan dari hal semacam itu, amin Allahuma amin," ujarnya prihatin.

Nilai yang ada di dalam Pancasila tidak bertentangan dengan ajaran agama manapun. Bahkan dalam Pancasila ada nilai-nilai ukhuwah islamiyah dan ukhuwah basariyah persaudaraan sesama manusia

(FF/FF)
  1. Info Banyuwangi
  2. Ramadan 2017
  3. Hari Pancasila
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA