1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Buat yang mau liburan ke Banyuwangi, transportasi gratis bisa dicoba

"Akan beroperasi setiap Sabtu dan Minggu, melayani jurusan Pulau Merah, Bangsring Underwater, dan city tour keliling perkotaan."

Transportasi gratis bagi wisatawan. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Sabtu, 29 Juli 2017 14:00

Merdeka.com, Banyuwangi - Ingin jalan-jalan ke destinasi wisata Banyuwangi tapi uang lagi menipis? Jangan khawatir, saat ini Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyediakan sarana transportasi gratis bagi wisatawan yang ingin berlibur menuju destinasi wisata.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi Kusyadi menjelaskan, angkutan gratis bagi wisatawan terdiri dari dua unit mini bus dengan kapasitas penumpang masing-masing 21 orang dan satu mobil elf dengan kapasitas 10 orang.

"Akan beroperasi setiap Sabtu dan Minggu, melayani jurusan Pulau Merah, Bangsring Underwater, dan city tour keliling perkotaan. Untuk mobil elf dengan kapasitas 10 orang melayani rute ke Kawah Ijen," terang Kusyadi.

Semua mobil ini, kata Kusyadi, terkumpul di Terminal Brawijaya Banyuwangi. Bagi wisatawan yang ingin menikmati angkutan gratis ini, bisa pesan tempat duduk melalui websait www.banyuwangitourism.com. Calon penumpang cukup mengisi biodata seperti email, nomor handphone dan tujuan wisatanya. Dari sana juga, siapapun bisa melihat kuota gratis yang masih tersedia.

Sementara pihaknya masih membatasi angkutan wisata gratis 3 unit kendaraan agar tidak mengganggu pelaku usaha transportasi lainnya. "Tentu tidak akan mengurangi porsi pelaku usaha jasa transportasi lain karena yang kami sediakan terbatas," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, Terminal Brawijaya bisa menjadi titik kumpul wisatawan yang ingin berlibur. Apalagi di sana juga sudah tersedia Tourism Information Center yang memanfaatkan box mobil kontainer untuk dijadikan kantor.

"Ini bisa menjadi titik kumpul, yang akan ke Bangsring Under Water, Ijen, dan Pulau merah," ujar Anas usai melaunching transportasi gratis, Sabtu (29/7). Anas juga meminta agar transportasi gratis ini terintegrasi dengan smart kampung yang ada di desa-desa, ketika wisatawan membutuhkan homstay bisa langsung mudah mengakses.

Transportasi gratis ini, kata Anas, merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk membahagiakan wisatawan dan pelajar di Banyuwangi. "Para backpaker dan wisatawan dengan budgeting minim bisa memanfaatkan. Anak-anak yang berangkat sekolah juga tidak lagi telat," ujarnya.

Di sisi lain, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang datang ke lokasi mengapresiasi inovasi Pemkab Banyuwangi, karena bisa bisa membahagiakan wisatawan dan perhatian terhadap para pelajar.

"Bukan hanya angkutan wisata. Lebih apresiasi memberikan angkutan gratis untuk pelajar, agar tidak terlambat sekolah itu lah tugas kepala daerah," ujarnya.

Selain itu, Enggar bakal memberikan laporan kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya tentang apa yang sudah dia lihat.

"Saya akan segera lapor Kemenpar, saya menyaksikan apa yang telah dilakukan. Ini yang dibutuhkan Kemenpar. Selamat, dan terimakasih telah menyiapkan segala sesuatunya tentang ini," ujarnya.

Agar hidup menjadi bahagia, memang tidak harus punya uang banyak. Dengan berlibur ke destinasi wisata yang ada di Banyuwangi, wisatawan bisa memanfaatkan transportasi gratis. Jadi, kapan Anda datang ke Banyuwangi?

(MT/MUA)
  1. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA