1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Layang-layang terbang malam hari hanya ada di Banyuwangi Kite Festival

Yuk nonton. Cocok buat wisata akhir pekan.

©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Selasa, 02 Agustus 2016 11:24

Merdeka.com, Banyuwangi - Bermain layangan atau layang-layang di siang hari mungkin sudah terlampau biasa. Namun bermain layang-layang di malam hari tentu akan menjadi pengalaman seru dan menakjubkan.

Seperti acara yang akan digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi, yaitu Banyuwangi Kite Festival (BKF). Kegiatan yang akan digelar selama tiga hari yaitu pada tanggal 5,6,7 Agustus tersebut dilaksanakan di Pantai Boom, kelurahan Mandar, Banyuwangi.

Menurut Kepala Divisi Olahraga Dispora Banyuwangi, Dwi Marhen Yono, terdapat satu kategori perlombaan layang-layang yang justru dimulai saat malam hari. Yaitu lomba Layangan Suwangan atau Sendaren.

Jenis layang-layang satu ini terbilang unik. Pasalnya layangan Suwangan memiliki ciri khas berupa lampu warna-warni dan mampu menghasilkan bunyi. Bisa dibayangkan, bagaimana lautan kerlap-kerlip lampu pada layangan Suwangan akan membanjiri langit Banyuwangi.

"Kriteria tergantung bagaimana kreativitas dari nilai artistik pada setiap layangan. Misalkan dari bentuk, keindahan, lampu, hingga bunyi. Semua akan dinilai," ujar Marhen.

Sementara itu Marhen menambahkan ada tiga kategori lain dalam BKF tahun ini. Yaitu lomba Layangan Hias, Layangan Bandetan, dan Layangan Buntutan.

Untuk kategori lomba Layangan Hias diperkirakan akan diikuti oleh 200 peserta dengan total hadiah Rp 20 juta untuk 5 pemenang. Ukuran layang-layang minimal dengan lebar 1,5 meter serta panjang menyesuaikan dengan tema BKF tahun ini yaitu Segoro (laut) Banyuwangi.

Berbeda dengan Layangan Hias yang hanya bersaing mengenai kecantikan hiasan pada layang-layang, Layangan Bendetan merupakan kategori cukup menegangkan. Pasalnya, peserta akan mengadu teknik menerbangkan layang-layang dan saling beradu benang agar tak putus terlebih dahulu.

Sedangkan kategori Layangan Buntutan mengutamakan panjang dari buntut atau ekor dari tiap layang-layang. Panjang Layangan Buntutan minimal 5 meter dengan lebar 50-100 meter.

Jadi, jangan ragu untuk menghabiskan akhir pekan Anda di Banyuwangi!

(MH/SR)
  1. Festival Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA